Saturday 18 January 2020

Penjelasan tentang Zakat


Hai sahabat,

Ada yang lagi cari bahan tugas mata pelajaran pendidikan Agama Islam tentang zakat? Kalau ada, kebetulan kali ini kita akan membahasnya di sini. Zakat merupakan salah satu rukun Islam. Zakat Zakat merupakan instrumen yang berperan penting dalam upaya pengentasan kemiskinan sebagian masyarakat. Kemiskinan merupakan permasalahan yang selalu ada dan sulit untuk dihilangkan, akan tetapi kemiskinan dapat diperkecil kuantitasnya dan salah satunya ialah dengan menggunakan zakat.

Penjelasan tentang macam-macam Zakat

Dalam Islam, zakat merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam yang digunakan untuk membantu masyarakat lain, menstabilkan ekonomi masyarakat dari kalangan bawah hingga kalangan atas, sehingga dengan adanya zakat umat Islam tidak ada yang tertindas karena zakat dapat menghilangkan jarak antara si kaya dan si miskin. Oleh karena itu, zakat sebagai salah satu instrumen negara dan juga sebuah tawaran solusi untuk menbangkitkan bangsa dari keterpurukan. Zakat juga sebuah ibadah mahdhah (aktivitas atau perbuatan yang sudah ditentukan syarat dan rukunnya) yang diwajibkan bagi umat Islam, namun diperuntukan bagi kepentingan seluruh masyarakat.

Zakat merupakan suatu ibadah yang dipergunakan untuk kemaslahatan umat sehingga dengan adanya zakat (baik zakat fitrah maupun zakat maal) kita dapat mempererat tali silaturahmi dengan sesama umat Islam maupun dengan umat lain. Oleh karena itu kesadaran untuk menunaikan zakat bagi umat Islam harus ditingkatkan baik dalam menunaikan zakat fitrah yang hanya setahun sekali pada bulan ramadhan, maupun zakat maal yang seharusnya dilakukan sesuai dengan ketentuan zakat yang telah ditetapkan baik zakat harta, hewan ternak, emas, perak dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel di bawah ini baik dalam file Pdf atau dokumen MS. Word.


Penjelasan lengkap tentang Zakat


Bagi yang memerlukan file MS. Wordnya, silahkan download di sini Penjelasan Lengkap tentang Zakat.

Demikanlah adik-adik, semoga bermanfaat. Jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini, terima kasih. :)


Artikel Pilihan












Video Pilihan


 

 


Semoga bermanfaat, jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini.
Terima kasih :)

No comments:

Post a Comment