Saturday 11 April 2020

Cara Menghitung Angka Yang Benar Dalam Operasi Matematika Tanpa Tanda Kurung


Hai adik-adik ....

Cara menghitung yang benar dalam operasi matematika


Kali ini kakak akan berbagi informasi sedikit tentang urutan menghitung angka dalam operasi matematika. Disini kakak ingin berbagi cerita ceria tentang matematika, jika ada kasus perhitungan 


5 + 2 x 3 = .... 
tanpa tanda kurung 

Berapakah hasilnya? Sebagian ada yang menjawab 21 dan ada juga yang menjawab 11. Loh kok bisa timbul dua jawaban? Padahal dalam ilmu matematika jawaban dalam perhitungan itu umumnya mutlak dan tunggal kecuali memang diberi tanda khusus dalam persamaannya.
Bagi mereka yang menjawab 21 alasannya adalah operasi bilangan yang disebelah kiri yaitu penjumlahan 5+2 dilakukan terlebih dahulu kemudian baru hasilnya dikalikan dengan angka berikutnya yaitu 3. Prosesnya pertama 5 + 2 = 7 kemudian 7 x 3 = 21.

Namun bagi sebagian orang yang menjawab 11 menurut mereka operasi perkalian harus dilakukan terlebih dahulu kemudian pertambahan. Jadi urutannya adalah 2 x 3 = 6 lalu hasilnya ditambahkan dengan 5 maka hasil akhir adalah 11.

Siapa yang benar? Jika kita benar-benar memahami dan mempelajari matematika secara sederhana maka tidak akan muncul dua jawaban melainkan satu saja.

Menurut kesepakatan ahli matematika saat ini, maka jika tidak ada tanda kurung dalam operasi itu perkalian harus dilakukan terlebih dahulu dengan urutan dari kiri ke kanan (jika ada dua operasi perkalian dalam satu soal) kemudian setelah perkalian operasi yang dilakukan adalah penjumlahan. Dengan demikian hasil akhir yang benar dan sesuai kesepakatan dalam dunia matematika adalah 11 karena perkalian menjadi operasi pertama yang harus dilakukan. Berikut adalah kesepakatan urutan dalam operasi matematika adalah:

1. Jika ada tanda kurung maka dahulukan operasi matematika dalam tanda kurung.

2. Perkalian atau pembagian menjadi fungsi operasi yang didahulukan dengan urutan bilangan kiri ke kanan.

3. Penjumlahan atau pengurangan menjadi fungsi operasi setelah perkalian dan pembagian dengan urutan yang sama.

4. Jika ada tanda pangkat maka bilangan dengan tanda pangkat harus dibulatkan dahulu menjadi angka numerik dengan pola bilangan yang sebelah kiri didahulukan misalkan kasus 3^2x4^3 maka angka 3^2 harus didahulukan sebelum pemangkatan angka 4.


Terima kasih sudah berkunjung ke sini. Jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini. Semoga bermanfaat. :)


Artikel Terkait




Video Pilihan


 

 

Semoga bermanfaat, jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini.
Terima kasih :)

4 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. banyak game yang menarik di IONQQ
    ayo segera daftarkan diri anda :D
    WA : +855 1537 3217

    ReplyDelete