Tuesday 8 September 2015

KOMIK SILAT INDONESIA YANG MELEGENDA

Sahabat penggemar cerita komik? Sudah baca komik silat dan pahlawan asal negeri kita sendiri? Komik Indonesia yang populer dari masa ke masa memang kebanyakan bertemakan tentang kepahlawanan baik yang diambil dari kultur nusantara maupun dari luar (aliran comics dan manga).

Karakter komik superhero indonesia

Berikut sejumlah komik dengan latar belakang ilmu bela diri pencak silat yang melegenda di Indonesia sampai harus diterbitkan berulang-ulang, bahkan diangkat ke sinetron atau layar lebar :

Si Buta Dari Gua Hantu


komik silat indonesia si pendekar buta

Kisah Si Buta dari Gua Hantu muncul tahun 1967, buah karya Ganes TH. Menceritakan seorang pemuda buta bernama Barda Mandrawata yang tinggal di desa pelosok Banten dan menyepikan diri di sebuah gua dan memperdalam ilmu bela dirinya dengan meningkatkan kemampuan pendengarannya tanpa indera penglihatan. Si Buta mengenakan setelan pakaian dari kulit ular membawa tongkat dengan ditemani seekor monyet di pundaknya. Si Buta bertualang ke pelosok-pelosok Nusantara membela kaum lemah dan menumpas kejahatan.

Jaka Sembung


komik silat pendekar sembung

Jaka Sembung adalah sosok pendekar silat yang diciptakan oleh komikus Djair Warni pada tahun 1960-an (1968). Jaka Sembung memiliki nama asli Parmin yang berasal dari daerah Kandanghaur Gunung Sembung. Dia dan teman-temanya dari berbagai daerah di nusantara bahkan ada yang dari Australia bersama-sama berjuang melawan kolonialisme di masa pemerintahan VOC Belanda.

Sri Asih

komik sri asih

Sri Asih adalah tokoh komik perempuan yang diciptakan oleh R.A. Kosasih yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1954. Sri Asih yang bernama asli Nani Wijaya adalah sosok pahlawan super Indonesia yang bisa terbang, kebal, bisa memperbesar dirinya dalam menumpas kejahatan baik di Indonesia, Singapura bahkan di Macao.

Panji Tengkorak

komik pendekar panji tengkorak

Panji tengkorak adalah tokoh komik yang diciptakan oleh Hans Jaladara. Komik ini pertama kali muncul pada tahun 1968 dalam 5 serial. Kemudian diterbitkan lagi pada tahun 1985 dan 1996. Panji tengkorak adalah seorang pendekar silat aliran hitam yang suka menolong. Dia menyamar menjadi pengemis dan mengembara untuk mencari pembunuh istrinya. Panji mengembara dengan membawa tongkat yang di dalamnya terdapat pedang yang menjadi senjata andalannya.

Gundala Putra Petir

komik pahlawan gundala putra petir

Komik Gundala Putra Petir merupakan karya Hasmi, muncul pertama kali pada tahun 1969. Menceritakan kisah seorang ilmuwan bernama Sancaka yang kesepian dan selalu gagal dalam percintaan, kemudian secara tidak sengaja terkena sambaran petir dan memperoleh kekuatan super yang bisa memancarkan petir dari telapak tangannya dan kecepatan lari laksana angin. Tokoh Superhero Indonesia ini pernah di tayangkan di Bioskop pada tahun 1981 dengan judul Gundala Putra Petir, bahkan pada akhir bulan Agustus tahun ini juga akan segera tayang film versi terbarunya. Berikut cuplikan trailer film GUNDALA 2019.



Demikianlah beberapa cerita komik silat Indonesia yang menjadi legenda hingga kini. Jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini. Terima kasih sudah berkunjung dan tetap semangat. :)

Video Pilihan


 

 

Semoga bermanfaat, jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini.
Terima kasih :)

No comments:

Post a Comment