Tuesday 25 February 2020

Contoh Pidato Bahaya Narkoba di Kalangan Siswa dan Remaja


Hai, adik-adik ....

Kali ini kakak akan berbagi artikel tentang contoh pidato tentang Bahaya Narkoba di Kalangan Siswa dan Remaja. Mari simak isi pidatonya di bawah ini.

Pidato Bahaya Narkoba di Kalangan Siswa dan Remaja

Bahaya Narkoba di Kalangan Siswa dan Remaja


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru dan teman-teman yang saya cintai.

Narkoba adalah istilah bahasa Indonesia untuk zat narkotika, psikotropika dan adiktif. Zat psikotropika populer disebut ekstasi dan sabu-sabu dianggap favorit di kalangan pengguna kelas menengah ke atas. Namun, di kalangan orang muda, obat pilihan mereka adalah heroin kelas rendah, yang dikenal sebagai putaw. Harganya yang murah tetapi berpotensi mematikan. Jenis obat terlarang ini sudah beredar secara ilegal hampir di semua kota-kota besar, termasuk sekolah, lounge karaoke (karaoke eksklusif), bar, kafe, diskotik, klub malam, bahkan menyebar ke desa-desa terpencil. Karena itu, tidak mengherankan bahwa pengguna narkoba terus meningkat dari tahun ke tahun.

Hadirin Sekalian... Ribuan pemuda telah menyia-nyiakan hidup mereka karena obat terlarang di negeri kita, Indonesia. Mereka kebanyakan korban dari lingkungan yang 'kejam', keluarga broken home, dari kebodohan, dari rasa keingin tahuan atau juga dari korban para mafia narkoba. Diperkirakan bahwa sekitar 4 juta orang di Indonesia adalah sebagai pengguna narkoba, atau sekitar satu dari setiap 50 orang Indonesia adalah atau pernah mencicipi barang terlarang tersebut. Survei dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menunjukkan 2,3 juta pelajar atau mahasiswa di Indonesia pernah mengonsumsi narkotika. Angka itu setara dengan 3,2 persen dari populasi kelompok tersebut. Hasil survei ini disampaikan pada Juni 2019. Penggunaan narkoba di kalangan pelajar ini juga jadi persoalan di skala global. World Drugs Reports 2018 dari The United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) menemukan 5,6 persen penduduk dunia atau 275 juta orang dalam rentang usia 15 hingga 64 tahun pernah mengonsumsi narkoba minimal sekali. Data yang begitu sangat memprihatinkan dan membuat kita cemas akan masa depan nanti, entah akan bagaimana kelak bila pengguna barang haram tersebut terus meningkat.

Hadirin sekalian
Orang biasanya menggunakan obat-obatan terlarang untuk bersenang-senang atau melarikan diri dari tekanan hidup. Pengguna narkoba di kalangan siswa sangat mengkhawatirkan. Dilaporkan bahwa sejumlah pedagang beroperasi di sekitar sekolah dengan menipu, memaksa atau memberi obat-obatan terlarang tersebut secara gratis kepada para siswa disekitar sekolah tersebut. Setelah siswa yang kecanduan, mereka kemudian pergi ke para pedagang untuk membeli obat-obatan terlarang. Jika mereka tidak punya uang, mereka mencurinya dari anggota keluarga mereka atau orang lain.

Hadirin sekalian
Fakta-fakta di atas menunjukkan kepada kita bagaimana akrab "Narkoba" dikalangan generasi muda kita. Hal yang harus kita ketahui sebagai pegangan kita agar terhindar dari bujuk rayu para mafia narkoba. Pertama kita harus tahu apa arti dari kecanduan obat? kecanduan obat adalah penyakit otak yang kompleks. Hal ini ditandai dengan kompulsif, kadang-kadang tak terkendali, keinginan obat, mencari, dan menggunakan bertahan bahkan dalam menghadapi konsekuensi sangat negatif. Obat mencari menjadi kompulsif, sebagian besar sebagai akibat dari efek dari penggunaan narkoba yang berkepanjangan pada fungsi otak dan, dengan demikian, pada perilaku. Bagi banyak orang, kecanduan obat menjadi kronis, dengan kemungkinan kambuh bahkan setelah jangka waktu yang lama. Dengan mengetahui bagaimana seriusnya konsekuensi dari menggunakan Narkoba. Mudah-mudahan bisa menghindarkan kita dari masalah Narkoba nantinya.

Hadirin sekalian...
Marilah kita berlomba untuk menghindarkan diri kita dari jeratan barang haram tersebut dengan cara menjauhkan diri kita, keluarga dan lingkungan dari hal-hal yang akan memberi ruang dan jalan untuk masuknya barang haram tersebut.

Hadirin Sekalian...
Demikanlah, terima kasih atas perhatian dan waktu yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat ini.

Wassalam Wr. Wb.


Untuk yang memerlukan file Ms. Word isi pidato di atas bisa download di sini Contoh Pidato Bahaya Narkoba di Kalangan Siswa dan Remaja.

Demikian informasinya, semoga bermanfaat untuk adik-adik semuanya. Untuk yang sedang mencari bahan materi tugas sekolah tentang pidato perpisahan bisa mampir di sini Contoh Pidato Perpisahan Anak Sekolah. Terima kasih sudah mampir ke blog kakak. Jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini. Ayo Semangat Belajar :)


Artikel Terkait



2 comments:

  1. In this manner my buddy Wesley Virgin's autobiography begins in this SHOCKING AND CONTROVERSIAL VIDEO.

    You see, Wesley was in the military-and soon after leaving-he discovered hidden, "MIND CONTROL" secrets that the government and others used to get anything they want.

    These are the exact same secrets many celebrities (especially those who "come out of nothing") and elite business people used to become wealthy and successful.

    You probably know that you only use 10% of your brain.

    Mostly, that's because the majority of your brain's power is UNTAPPED.

    Perhaps this conversation has even taken place IN YOUR own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head seven years ago, while riding a non-registered, beat-up garbage bucket of a car with a suspended license and with $3.20 on his debit card.

    "I'm absolutely fed up with going through life check to check! When will I become successful?"

    You took part in those thoughts, isn't it right?

    Your success story is waiting to happen. All you have to do is in YOURSELF.

    UNLOCK YOUR SECRET BRAINPOWER

    ReplyDelete