Tuesday 22 October 2019

Kisah Si Doel Anak Sekolahan

Hai, sahabat ....

Kisah Si Doel Anak Pinggiran


Apakah kalian masih sering nonton serial Si Doel Anak Sekolahan, Si Doel Anak Gedongan sampai Si Doel Anak Pinggiran di televisi atau lewat youtube? Kalau masih, ya sama dengan saya yang tetap suka nonton kisah ini. Sinetron Si Doel ini memang tidak ngebosenin meski sudah ditoton berulang kali. Bahkan sudah dibuatkan kisah lanjutan versi movienya. Yuk kita simak artikel singkatnya berikut ini.


Tahukah sahabat kisah Si Doel ini diambil dari cerita novel berjudul Si Doel Anak Betawi karangan Aman Datuk Madjoindo yang pertama kali diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1932. Novel ini menceritakan kisah seorang anak Betawi yang biasa dipanggil Doel (ejaan lama) di tengah-tengah kota Jakarta.  Kemudian cerita ini diadaptasi bebas di tahun 1990-an menjadi Si Doel Anak Sekolahan dalam bentuk sinetron Indonesia yang pertama kali ditayangkan oleh stasiun TV RCTI pada tahun 1994. Disutradarai dan dibintangi oleh Rano Karno sebagai Doel, sinetron ini berkisah mengenai kehidupan Doel dan keluarganya, keluarga Betawi yang tetap mempertahankan nilai-nilai tradisional meskipun hidup di tengah-tengah arus perkotaan dan modernisasi. Selain Rano Karno sebagai pemeran utama, sinetron ini juga dibintangi oleh Maudy Koesnaedi, Cornelia Agatha, Aminah Cendrakasih, dan Mandra.

Terdiri dari 162 episode dan 7 musim, ceritanya adalah versi modern dari novel Si Doel Anak Betawi karya Aman Datuk Majoindo dan film berjudul sama yang disutradarai Sjumandjaja pada tahun 1972. Dalam versi film, Rano Karno juga berperan sebagai si Doel dan Benyamin S memainkan Sabeni yang diproduksi oleh Karnos Film. Sejauh ini, Si Doel Anak Sekolahan berhasil menjadi sinetron Indonesia terlama yang ditayangkan di televisi, dengan 7 musim dan 162 episode (hingga musim 7).

Si Doel Anak Sekolahan ketika pertama ditayangkan melejit menjadi salah satu acara paling terkenal dan mengalahkan popularitas produksi-produksi asing yang saat itu mendominasi televisi Indonesia.

Pada tahun 2000, sinetron ini dipindahkan dari RCTI ke Indosiar hingga tamat tahun 2004 dilanjutkan dengan Si Doel Anak Gedongan Pada tahun 2005. Sejak tahun 2009, sinetron ini ditayangkan ulang mulai episode awal di RCTI hingga saat ini.

Sinopsis Si Doel Anak Sekolahan
Si Doel yang merupakan anak pertama dari keluarga Sabeni menuntut ilmu di sebuah universitas. Jurusan teknik mesin menjadi pilihan Doel karena dilatarbelakangi oleh kehidupan Si Doel yang ditopang dari hasil tarikan oplet babehnya yang hanya sekadar supir oplet. Sementara Mpok Lela, Ibu Si doel, ikut membantu ekonomi keluarga dengan membuka warung kecil-kecilan. Atun, Adik Doel, hanyalah seorang lulusan sekolah rendahan.

Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, Babeh Doel ingin agar salah satu dari anaknya menjadi "orang" dan karenanya Atun pun kemudian tidak lagi melanjutkan sekolahnya. Di samping itu Atun pun sebenarnya sosok adik yang tahu diri. Walaupun dia tidak lagi dibiayai sekolah (karena babeh Doel tak mampu untuk menyekolahkan dua anaknya sekaligus) tetapi dia masih mau membantu ibunya untuk menjaga warung.

Mandra sosok adik Mpok Lela menumpang hidup di keluarga Doel. Pemuda pengangguran ini awalnya hidup bersama ayah Mpok Lela. Namun belakangan terjadi keributan kecil yang membuat Mandra akhirnya memutuskan tinggal bersama keluarga Sabeni. Awalnya Sabeni keberatan, namun karena Mandra adik dari istrinya, Mandra pun diperbolehkan tinggal bersama mereka.

Kisah cinta Si Doel pun banyak dikupas. Dua orang wanita dalam hidup Doel membuatnya pusing. Sarah dan Zaenab merupakan dua sosok wanita dalam kehidupan Doel. Awalnya Sarah hanyalah sosok mahasiswa perguruan tinggi luar negeri yang hanya ingin tahu serta meneliti kebudayaan masyarakat Betawi. Dan pilihan pun jatuh pada keluarga Doel. Berawal dari peristiwa tabrakan antara mobil Sarah dan oplet Si Doel itulah akhirnya membuat Doel dan Sarah pun menjadi lebih dekat.

Sementara itu Zaenab merupakan sosok wanita asli Betawi yang sejak kecil sudah dijodohkan dengan Doel. Doel jelas tak setuju dengan perjodohan itu. Namun Zaenab di mata Doel hanyalah sosok wanita yang bisa ia jadikan adik. Padahal Zaenab sendiri sebenarnya jatuh hati pada si Doel. Namun layaknya orang wanita timur, Zaenab sulit untuk mengungkapkan rasa cintanya. Terlebih pada saat dia tahu bahwa sudah ada Sarah di hati Doel.

Yang terbaru kisah perjalanan hidup Doel dan keluarganya juga di buat versi layar lebarnya, yakni  Kisah Si Doel The Movie 2 (2019) yang masih disutradarai sekaligus dibintangi oleh Rano Karno. Film tersebut adalah sekuel dari Si Doel The Movie. Pemeran lainnya adalah Cornelia Agatha dan Maudy Koesnaedi.

Sinapsis Si Doel The Movie 2 (2019)
Wanita mana yang tak hancur hatinya, mendapati suami yang ia tunggu kepulangannya membawa kabar bahwa ia bertemu dengan belahan jiwa beserta anak yang selama ini dirindukannya. Hal itulah yang dirasakan ZAENAB dan membuat hatinya menggalau dalam kebisuan untuk memilih antara mempertahankan pernikahannya dengan DOEL, atau merelakannya. Terlebih saat DOEL mengatakan bahwa SARAH dan DUL (anak DOEL dengan SARAH) akan menetap di Jakarta.

Dalam kegelisahannya, ZAENAB mencoba mencari jawaban atas takdir yang harus ia pilih, dan harapan itu mulai terbuka lebar saat DOEL mendapat kabar dari ATUN bahwa kemungkinan ZAENAB tengah mengandung. Dan penegasan itu datang saat SARAH datang berkunjung ke rumah untuk mengungkapkan penyesalan atas apa yang terjadi di masa lalu kepada MAKNYAK dan meminta DUL untuk memanggil ZAENAB sebagai ibu.



Demikianlah infonya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini. Terima kasih :)


Sumber : 
id.wikipedia.org
www.tabloidbintang.com/film-tv-musik/kabar/read/82280/terungkap-ini-cikal-bakal-lahirnya-si-doel-anak-sekolahan



Artikel Terkait






Video Pilihan


 

 

Semoga bermanfaat, jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini.
Terima kasih :)

No comments:

Post a Comment