Friday 11 September 2015

BOBO, majalah cerita bergambar untuk anak

Mengenal majalah Bobo yang menjadi teman bermain dan belajar bagi anak.

cerita bergambar bermain sambil belajar

Masa kanak-kanak kami di tahun 1980-an s.d 1990-an adalah masa dimana teknologi informasi tidak semaju kini. Pada masa itu anak-anak menghabiskan waktu untuk belajar di sekolah dengan kondisi belajar mengajar yang masih terbatas, bermain bersama teman dengan permainan tradisional, juga membantu pekerjaan orang tua.

Di sela-sela kegiatan kami sebagai anak-anak, kami menyempatkan diri untuk membaca. Karena salah satu hobi kami pada waktu itu adalah membaca, baik itu buku pelajaran maupun buku cerita seperti komik dan majalah anak. Untuk mendapatkan majalah ini, biasanya kami beli dengan uang jajan kami sendiri dan sebagian lagi komik dan majalahnya kami pinjam dari teman sebaya.

Nah, salah satu majalah anak yang kami sukai adalah BOBO. Majalah ini mempunyai tampilan cover dan isi majalah yang tergolong sangat menarik pada masa itu. Sekedar pengetahuan saja kalau majalah ini terbit pertama kali 14 April 1973. Majalah ini adalah versi Indonesia dari majalah serupa di Belanda dengan penyesuaian isinya. Bobo diterbitkan seminggu sekali oleh kelompok Kompas Gramedia.

Majalah Bobo memiliki icon kelinci lucu dan chubby warna biru berkaos merah dengan tulisan hurup b di bajunya. Dengan rasa riang dan semangat, biasanya yang pertama kami baca adalah cerita bergambar keluarga Bobo (Bapak, Emak, Coreng, Cimut, Upik dan Bobo) ditambah lagi dengan kelucuan dengan karakter Paman Gembul, Bibi, Doni dan Lobi Lobi (sahabat bobo). Yang mungkin diantaranya ada yang kami lupa nama-nama mereka. Setelahnya, barulah kemudian cerita-cerita lainnya yang juga tak kalah serunya. Bahkan terkadang kami membaca cerita ini sampai berulang-ulang.

Kisah Bobo ini sendiri pernah ditampilkan di televisi dalam bentuk opera setiap hari minggu di TVRI. Di Hari minggu juga ada acara anak lainnya seperti Cerita Si Unyil. Hari minggu bagi kami waktu itu adalah hari yang selalu kami tunggu, karena sebagai anak-anak kami sangat senang di hari itu sepanjang pagi acara televisi memang didominasi dengan acara untuk anak-anak. Apalagi pada masa liburan dan bulan ramadhan, biasanya majalah-majalah anak bergambar seperti ini akan laris manis penjualannya baik majalah baru maupun bekas.

majalah bobo untuk anak
Beberapa contoh gambar karakter keluarga Kelinci Bobo

Apakah adik-adik zaman now ada yang tahu siapa saja tokoh/karakter komik yang ada di majalah Bobo? Kalau belum tahu, berikut beberapa tokoh komik/cerita bergambar dan cerita pendek yang terdapat dalam tiap edisi majalah Bobo :

  • Keluarga  Kelinci (Bobo, Coreng, Upik, Cimut, Emak, Bapak, Paman Gembul, Doni, Simpul)
  • Cerita dari Negeri Dongeng (Oki, Nirmala, Ratu Bidadari)
  • Paman Kikuk, Husen, dan Asta
  • Juwita dan Si Sirik
  • Pak Janggut
  • Cerita-cerita pendek yang telah diseleksi kiriman anak bangsa yang menginspirasi dan memiliki pesan-pesan positif tentunya sangat baik untuk pola pikir anak-anak.

Majalah Bobo 07 Maret 1981 006, katabaca.com

Banyak hal bermanfaat yang bisa kita dapat dan pelajari dengan membaca majalah ini. Sesuai dengan slogan majalah Bobo yakni  "Teman Bermain dan Belajar". Majalah ini memang diperuntukan untuk anak-anak sebagai media hiburan dan pembelajaran pada masa itu hingga sekarang. Saat ini kita juga sudah bisa berlangganan majalah ini secara online atau sekedar membaca majalah ini dengan mengunjungi situsnya di bobo.grid.id yang sebelumnya adalah Kidnesia (http://bobo.kidnesia.com)



Demikianlah untuk diketahui, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih sudah mampir di blog ini. Jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini. Tetap Semangat :)


Sumber :
id.wikipedia.org
www.katabaca.com/majalah/baca-online-majalah-bobo-07-maret-1981



Artikel Terkait


Cerita Fantasi atau fiksi adalah cerita yang alur cerita bersifat imajinasi atau tidak nyata bisa ilmiah bisa juga bersifal supranatural. Namun sering pula orang mengaitkan cerita fiksi dengar cerita fabel, yaitu sebuah cerita  atau kisah yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku seperti manusia. Dari sini dapat kita lihat bahwa cerita fabel adalah bagian dan cerita fantasi. Di bawah ini kakak hadirkan semua ceritanya baik fantasi maupun fabel. 











Video Pilihan


 

 

Semoga bermanfaat, jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini.
Terima kasih :)

No comments:

Post a Comment