Tuesday 14 January 2020

Tugas IPS tentang Keunggulan dan Keterbatasan Antar Ruang serta Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian


Hai adik-adik ....

Ada yang lagi cari bahan tugas tentang Keunggulan dan Keterbatasan Antar Ruang serta Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian? Kebetulan kali ini kita akan membahasnya di sini, silahkan simak artikelnya di bawah ini.

Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian

Kalian tentu memahami bahwa kebutuhan manusia itu bermacam-macam dan selalu bertambah, baik jumlah maupun kualitasnya. Coba kalian hitung berapa macam jumlah barang yang kalian gunakan setiap hari? Kalian mungkin akan terkejut, bahwa dalam satu hari kalian menggunakan puluhan barang untuk dikonsumsi. Tentunya barang yang kalian konsumsi, berbeda dengan barang yang dikonsumsi orang lain. Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia, berbeda-beda dan beraneka macam. Namun perlu kalian ketahui, bahwa faktor ruang akan menentukan tindakan seseorang sebagai konsumen. Masyarakat di daerah perkotaan memiliki perilaku konsumsi yang berbeda jika dibandingkan dengan masyarakat desa; masyarakat pegunungan; atau masyarakat pesisir pantai. Demikian pula tindakan atau perilakunya dalam mengalokasikan sumber daya yang ada.

Perbedaan potensi daerah ini juga menyebabkan perbedaan keunggulan masing-masing daerah. Perbedaan potensi daerah bisa terjadi karena perbedaan teknologi. Setiap daerah memiliki keunggulan komparatif tersendiri. Sebagai contoh: Lampung memproduksi kopi, sedangkan Jawa Barat memproduksi beras. Lampung dapat memproduksi kopi secara efisien dan murah. Demikian pula Jawa Barat, dapat memproduksi beras secara efisien. Dengan demikian, Lampung memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi kopi, dan Jawa Barat memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi beras. Dalam ilmu ekonomi, perdagangan ke-2 daerah akan saling menguntungkan jika bersedia bertukar kopi dan beras. Keuntungan dari pertukaran sumber daya inilah yang menyebabkan terjadinya interaksi dalam dan antarruang berupa kegiatan perdagangan. Masing-masing daerah tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan, tetapi juga mendapat keuntungan dari produksi yang menjadi unggulan daerahnya. Untuk kepentingan tersebut, diperlukan kerjasama antardaerah, mengingat adanya perbedaan dan keterbatasan SDA yang ada disetiap daerah. Diharapkan, suatu daerah dapat menyokong daerah lain yang kekurangan. Hal ini juga dapat mempererat integrasi antardaerah di Indonesia, yang pada gilirannya akan menghasilkan persatuan dan kesatuan.

Perdagangan antardaerah atau antarpulau merupakan perdagangan yang dilakukan oleh penduduk/lembaga suatu daerah atau pulau dengan penduduk/lembaga daerah lain dalam satu batas wilayah negara atas dasar kesepakatan bersama. Kalian tentu memahami bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah pulau lebih dari 13.000 dari Sabang sampai Merauke. 

Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel berikut dalam file PDF dan Doukumen MS.Word.

Tugas IPS tentang Keunggulan dan Keterbatasan Antar Ruang dalam Suatu Perekonomian


Untuk yang memerlukan fille MS. Word isi artikel ini, silahkan download di sini Keunggulan dan Keterbatasan Antar Ruang serta Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian.


Demikian dari kami, semoga bisa diambil pelajarannya. Terima kasih sudah berkunjung kesini. Jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini. Semoga bermanfaat. :)



No comments:

Post a Comment