Tuesday 4 August 2020

Cara Perpanjangan STNK 5 Tahunan yang Ada Perubahan Data


Selamat Siang ....

cara perpanjangan stnk 5 tahunan

Kali ini saya akan berbagi pengalaman pengurusan perpanjangan STNK 5 tahunan sekalian ubah (ganti) data yang ada di STNK lama dengan data yang baru. Kebetulan data yang diubah adalah alamat saya. Sebetulnya saya masih tinggal di tempat lama, tapi karena data alamat di STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) selama ini masih menggunakan alamat KTP lama (masa sebelum E-KTP). Meskipun ada perbedaan data sedikit saja tapi untuk pembayaran pajak motor tahun lalu saya mesti ngotot-ngototan dengan petugas pajak yang tidak bisa melayani pembayaran pajak motor saya karena ada pebedaan alamat yang tertera di STNK dengan alamat E-KTP saya. Oleh petugas pajak saya disarankan untuk mengubah terlebih dahulu alamat yang ada di STNK baru bisa bayar pajak motor tahunan saya. Namun saya keberatan karena saya harus pergi ke kantor pusat pelayanan pajak di kota saya yang tentunya memakan waktu tidak sebentar, apalagi perubahan alamat tersebut hanya masalah administrasi bukan karena saya benar-benar berpindah tempat.

Untuk menghindari permasalahan ini lagi, makanya saya mengurus perubahan alamat di STNK saya sekalian perpanjangan STNK 5 tahunan. Nah, dokumen dan alat tulis yang mesti disiapkan antara lain :

1. KTP Asli 
2. STNK Asli
3. BPKB Asli
4. Materai 6000
5. Surat Pernyataan Perubahan Data STNK (biasanya form surat bisa dibeli koperasi/fotocopy-an dekat kantor Samsat).
6. Map Kertas
7. Pena/Pulpen
8. Plastik kecil untuk wadah KTP kita
9. Klip (penjepit kertas)
10. Lem kertas
11. Staples (bila perlu)

Langkah-langkahnya :

1. Fotokopi terlebih dahulu dokumen-dokumen tersebut (KTP, STNK, Bukti Pajak dan BPKB) untuk jaga-jaga siapa tahu nanti diperlukan. Kemudian kita cek fisik dulu motor/kendaraan kita ke bagian cek fisik kendaraan, Setelah cek fisik, kita akan diberikan form hasil cek fisik lengkap dengan salinan (hasil gesek) nomor mesin dan rangka kendaraan, biasanya lokasinya ada di halaman depan kantor. Pengecekan fisik kendaraan bermotor (gesek nomor mesin dan rangka) semestinya GRATIS, hanya saja masih ada "oknum" yang meminta uang seikhlasnya dari kita setelah melakukan cek fisik kendaraan. Oleh karena itu siapkan saja uang kecil untuk antisipasi bilamana diperlukan (anggap saja kita beramal).

2. Kemudian ambil nomor antrian untuk loket Perpanjangan STNK 5 Tahunan, kalau bingung bertanyalah dengan petugas.

3. Siapkan juga map untuk berkas seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli, BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) asli, STNK asli, hasil cek fisik kendaraan kita tadi dan Surat Pernyataan Perubahan Data STNK (bila mau melakukan perubahan data pada STNK lama) yang sudah diisi datanya serta ditandatangani lengkap dengan tempelan materai, kemudian kita serahkan ke loket Pendaftaran Cek Fisik / Pengecekan Identitas. Pastikan jangan sampai dokumen tersebut tercecer (gunakan klip dengan KTP diberi bungkus plastik).

4. Tunggu nama kita dipanggil nanti akan diarahkan petugas ke mana lagi kita akan menyerahkan berkas/data kita (Loket Perpanjangan STNK 5 Tahunan dengan Perubahan Data). 

5. Serahkan dokumen tersebut ketika nomor antrian kita sudah dipanggil, kemudian tunggu proses pendataan oleh petugas hingga nama kita dipanggil lagi oleh mereka. Petugas akan memanggil nama kita sesuai dengan nama di BPKB/STNK sekalian menyerahkan kembali berkas yang sudah didata tersebut untuk lanjut ke loket berikutnya. Untuk mengurus perpanjangan STNK tanpa perubahan data tinggal ikuti saja langkah-langkah yang harus dilakukan di setiap loket. Apabila masih bingung sahabat bisa bertanya dengan petugas di loket tersebut ke mana lagi kita selanjutnya. Namun untuk pengurusan STNK 5 tahunan dengan perubahan data sedikit lebih rumit. Silahkan diikuti langkah-langkahnya berikut ini ( 6 - 11 ).

6. Pada kesempatan ini saya akan mengambil contoh pengalaman pengurusan Perpanjangan STNK 5 Tahunan dengan Perubahan Data di kota Palembang, khususnya Kantor Bersama Samsat Palembang di Jl. POM IX No.122, Lorok Pakjo, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Berkas tersebut akan diserahkan lagi kepada kita untuk kemudian kita serahkan ke kantor/lokasi SAMSAT UPTB PALEMBANG 1 Jl. Kapten A. Rivai, 26 Ilir, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30127. Jadi pada poin ini, kita akan berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya.(itulah sebabnya saya bilang agak rumit).

7. Di lokasi/kantor SAMSAT UPTB PALEMBANG 1 ini kita juga kembali mengambil nomor antrian untuk loket Perpanjangan STNK 5 Tahunan dan Perubahan Data. Jangan lupa fotokopi dulu khusus halaman perubahan di BPKB yang diberikan petugas di kantor sebelumnya. Serahkan berkas tadi lengkap dengan fotokopi halaman perubahan di BPKB ke loket Perpanjangan STNK 5 Tahunan dan Perubahan Data. Tunggu sampai nama kita dipanggil oleh petugas dari loket penerima pembayaran biaya pengurusan STNK lima tahunan. 

8. Siapkan saja uangnya (kira-kira saja), karena ketika petugas loket pembayaran tersebut memanggil nama kita tentunya kita akan diberikan informasi berapa biaya pastinya.

9. Lakukan pembayaran, kemudian kita akan menerima bukti pembayaran dari Petugas loket tersebut. Kita akan dipersilahkan menunggu kembali selama proses Print Out STNK baru dan Bukti Pembayaran Pajak Kendaraan, pengembalian KTP dan BPKB. 

10. Apabila nama kita dipanggil kembali, tunjukkan bukti pembayaran dari petugas loket tadi untuk mengambil STNK, Bukti Pembayaran Pajak Kendaraan serta BPKB milik kita serta bukti asli pembayaran.

11. Langkah terakhir, bukti asli pembayaran ini akan kita serahkan kepada petugas di loket pembuatan pencetakan nomor plat baru kendaraan kita. Tunggu sebentar sampai nama kita dipanggil lagi untuk penyerahan plat baru tersebut. Apabila plat telah kita terima maka pengurusan STNK lima tahunan ini sudah selesai.

Untuk mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan sekaligus perubahan data, sebaiknya kita mempersiapkan waktu luang 1 hari dan usahakan untuk datang pagi hari. Hindari datang diantara jam 11.00 - 13.00 WIB karena sebagian besar petugasnya sedang istirahat dan makan siang. Kalau pun datang di atas jam 13.00 tidak masalah asal kita siap untuk melanjutkan pengurusan STNK ini esok paginya.


Demikian informasi pengurusan STNK lima tahunan berdasarkan pengalaman saya, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa support kami dengan Ikuti atau Follow blog ini. Terima kasih :)


Artikel Terkait







Video Pilihan


 

 


Semoga bermanfaat, jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini.
Terima kasih :)

2 comments:

  1. permainan poker dengan pelayanan CS yang ramah dan terbaik hanya di IONQQ :D
    WA: +855 1537 3217

    ReplyDelete