Friday 18 October 2019

Manfaat Menanam Pohon Pepaya untuk Kesehatan


Selamat siang,

Kita semua tentunya sudah pernah mengkonsumsi buah pepaya bukan. Buah ini banyak di jual di warung, pasar bahkan supermarket. Buah yang rasanya lezat dan banyak manfaatnya untuk kesehatan ini dijual dengan harga Rp6000 - Rp9000 per kilogram. Satu pcs buah pepaya berat normalnya antara 0,5 - 2 kg, bahkan lebih. Bukan hanya buahnya saja, tetapi biji buah pepaya dan daunnya juga bisa kita konsumsi dan sangat baik untuk kesehatan. 

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Nah, itulah sebabnya penulis membuat artikel ini untuk mengajak sahabat semua supaya rajin mengkonsumsi buah lokal ini dan kalau bisa juga menanam pohon pepaya di sekitar rumah kita. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak artikel di bawah ini tentang manfaat buah, biji, dan daun pepaya (kates) bagi kesehatan.

Manfaat Menanam Pohon Pepaya untuk Kesehatan


Pepaya (Carica papaya L.) adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buah, daun, biji bahkan getahnya. Pepaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "papaya". Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "katès" dan dalam bahasa Sunda "gedang". Dan di beberapa daerah di pulau Sumatera (sebagian Lampung dan Bengkulu) buah pepaya disebut "betik".

Pohon pepaya umumnya tidak bercabang atau bercabang sedikit, tumbuh hingga setinggi 5–10 m dengan daun-daunan yang membentuk serupa spiral pada batang pohon bagian atas. Daunnya menyirip lima dengan tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengah.

Manfaat Daun Pepaya

Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda dimakan sebagai lalapan (setelah dilayukan dengan air panas) atau dijadikan pembungkus buntil (makanan tradisional Jawa berupa "parutan daging kelapa yang dicampur dengan teri dan bumbu-bumbu, dibungkus daun pepaya, kemudian direbus dalam santan). Oleh orang Manado, bunga pepaya yang diurap menjadi sayuran yang biasa dimakan.

Berikut ini manfaat daun pepaya untuk kesehatan :

1. Meredakan kram menstruasi

Cara mendapatkan manfaat daun pepaya untuk wanita yang sedang kram menstruasi adalah dengan merebus satu lembar daun pepaya bersama garam dan asam jawa. Setelah mendidih, diamkan hingga hangat dan minumlah. Meminum ramuan ini dalam keadaan hangat akan membantu mempercepat reaksinya dalam perut sehingga nyeri haid dapat segera diatasi. Untuk hasil yang optimal minumlah rebusan daun pepaya beberapa kali dalam sehari.

2. Menambah kelancaran ASI pada ibu menyusui

Untuk ibu yang sedang menyusui ketika baru melahirkan seorang anak, ada baiknya jika mengganti suplemen atau vitamin non alami dengan mengonsumsi daun pepaya untuk menambah kelancaran ASInya. Cara mendapatkan manfaat daun pepaya untuk wanita yang sedang menyusui, tidak harus dikonsumsi dalam bentuk olahan jamu, namun bisa juga dengan diolah dalam bentuk makanan rumahan. Untuk mengolahnya tentunya harus dengan  proses pengolahan yang benar agar rasa pahit dari daun pepaya tidak terlalu terasa.

3. Untuk penyakit demam berdarah

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang pertama adalah untuk penyakit demam berdarah. Zat aktif daun pepaya memiliki kandungan antimalaria dan demam berdarah. Cara mengambil manfaat daun pepaya adalah dengan meminum air rebusannya. Rebus lebih kurang 5 lembar daun pepaya hingga masak lalu dinginkan sebelum diminum. 

4. Perbaiki saluran pencernaan

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk memperbaiki saluran pencernaan. Mengonsumsi daun pepaya juga dapat melancarkan pencernaan. Hal ini dapat terjadi karena adanya zat karpin dalam daun pepaya. Daun karpain sendiri dapat membasmi mikroorganime jahat yang mengganggu pencernaan.

5. Mencegah risiko kanker

Mencegah rsisiko kanker juga merupakan salahs atu manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Hal ini karena daun pepaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Nah, kandungan antioksidannya itu bagus untuk menangkal radikal bebas, sehingga turunkan risiko kanker

6. Mengobati jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah yang disebabkan oleh hormon. Jika kamu sudah mengobati jerawat, tapi tak kunjung sembuh, cobalah obati dengan daun pepaya. Cara mengambil manfaat daun pepaya untuk kesehatan yakni, buatlah masker dengan cara mencampur daun pepaya dan air di dalam blender hingga membentuk pasta. Oleskan ke jerawat dan biarkan selama 15 menit.

7. Menyehatkan rambut

Seringkali pepaya digunakan dalam produk kecantikan. Tak hanya pepaya, daunnya pun bisa diseduh seperti teh dan digunakan sebagai campuran pada sampo. Hal ini berguna untuk membuat rambut berkilau dan kuat. Yup, usut punya usut manfaat daun pepaya untuk kesehatan berguna untuk menyehatkan rambut.

Kandungan yang terdapat pada daun pepaya mampu menguatkan rambut sampai ke dalam kulit kepala. Kandungan Magnesium yang ada pada daun pepaya inilah yang bisa membantu mengurangi kerontokan dan menguatkan rambutmu. Tidak heran, jika banyak produk perawatan rambut yang juga menambahkan ekstrak daun pepaya dalam produknya. 

8. Menguatkan daya tahan tubuh

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menguatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena daun pepaya mengandung phytonutrien. Kandungan tinggi phytonutrien dalam daun pepaya dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, kanker, penuaan, alergi, dan infeksi perut.

9. Mengontrol tekanan darah

Cara mengambil manfaat daun pepaya untuk mengontrol tekanan darah, kamu dapat mengonsumsi daun pepaya yang direbus. Caranya, ambil 5 lembar daun pepaya, rebus dengan setengah liter air. Kemudian, biarkan air menguap hingga tinggal sekitar 3/4. Setelah dingin, minumlah.  Kamujuga dapat menambahkan gula merah atau madu jika terasa sangat pahit. 

10. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan daun pepaya yang kaya dengan vitamin A, C, dan E adalah kandungan terbaik yang mampu menutrisi kulit dan menjaga kelembabannya. Cara mengambil manfaat daun pepaya untuk kesehatan kulit yakni dengan rajin mengonsumsi daun pepaya dalam olahan makanan maupun minuman herbal. Beberapa produk kulit juga menambahkan esktrak pepaya dalam komposisi produknya.

Manfaat Daging Buah Pepaya

Manfaat Makan Buah Pepaya untuk Kesehatan


Di beberapa tempat di Indonesia, daging buah pepaya setengah matang dijadikan rujak buah manis bersama dengan buah bengkoang, nanas, apel, belimbing, jambu air. Getah buah pepaya juga tergolong mahal karena getah pepaya bisa diolah menjadi tepung papain yang berguna bagi kebutuhan rumah tangga dan industri.

Getah pepaya (dapat ditemukan di batang, daun, dan buah) mengandung enzim papain, semacam protease, yang dapat melunakkan daging dan mengubah konformasi protein lainnya. Papain telah diproduksi secara massal dan menjadi komoditas dagang.

Untuk memproduksi papain, bahan baku yang perlu dipersiapakan adalah getah pepaya. Sementara bahan penolongnya berupa air dan sulfit. Air digunakan sebagai pengencer getah pepaya, sedangkan sulfit digunakan sebagai pelarut bahan kimia.

Untuk pengambilan getah buah dilakukan pada buah yang sudah berumur 2.5-3 bulan. Buah yang sedang dalam masa penyadapan harus tetap tergantung pada batang pokoknya. Penyadapan dilakukan sampai tujuh kali dengan interval penyadapan empat hari, maka waktu yang diperlukan untuk penyadapan adalah sekitar 28 hari. Waktu yang tepat untuk menyadap adalah pagi hari sebelum matahari terbit atau sore hari sebelum matahari terbenam. 

Buah Pepaya mengandung banyak sekali nutrisi, bahkan sangat kaya akan vitamin C. Satu buah pepaya setidaknya mengandung 235 mg vitamin C. Jumlah tersebut 2-3 kali lebih banyak dari rekomendasi harian yang disarankan. Tidak hanya itu, pepaya juga mengandung nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, likopen, serat, kalsium, potasium, folat, dan magnesium. Dengan segudang nutrisi tersebut, buah pepaya memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan.

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah pepaya yang pertama adalah membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh (sistem imun). Vitamin A dan vitamin C dalam pepaya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan infeksi. Mengonsumsi buah pepaya secara rutin, akan menciptakan lapisan pelindung terhadap bakteri dan virus yang bisa menyebabkan flu, batuk dan pilek.

2. Mencegah penyakit jantung

Manfaat buah pepaya lainnya adalah untuk mencegah penyakit jantung. Ini dikarenakan adanya kandungan serat, kalium dan vitamin yang dapat mencegah penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium diketahui dapat mengurangi efek buruk penyakit jantung. Itulah mengapa penting bahwa kamu memiliki sepotong buah pepaya tiap harinya.

3. Mencegah pembekuan darah

Pembekuan darah di dalam tubuh dapat memperlambat sirkulasi darah dan menyumbat arteri. Dalam kasus yang parah, itu bahkan dapat menyebabkan serangan jantung atau strok. Nah, manfaat buah pepaya untuk kesehatan bisa mencegah pembekuan darah. Hal ini karena pepaya mengandung zat yang dikenal sebagai fibrin yang bisa meningkatkan aliran darah.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam pepaya dipercaya mampu memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, mengonsumsi buah pepaya setiap harinya bisa memenuhi kebutuhan serat harian.Potong pepaya menjadi beberapa bagian (bentuk dadu), lalu peras satu buah jeruk nipis, kemudian taburkan sedikit gula di atasnya. Masukkan ke dalam kulkas, dan santap ketika buah pepaya mulai dingin.

5. Mengurangi peradangan

Manfaat buah pepaya untuk mengurangi peradangan. Pasalnya, pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang memiliki efek antiinflamasi dan mengurangi risiko menderita penyakit kronis. Enzim ini juga dapat mengobati masalah lain yang terkait dengan peradangan seperti edema.

6. Memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh

Pepaya adalah sumber vitamin yang sangat baik dengan sifat antioksidan seperti vitamin A, vitamin E dan vitamin C. Buah berwarna oranye ini juga memberikan vitamin B kompleks dan mineral seperti potasium, tembaga dan magnesium. Vitamin dan mineral ini bekerja bersama untuk mendukung regenerasi sel dan membantu mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Manfaat buah pepaya dalam hal ini adalah memasok nutrisi yang penting untuk tubuh.

7.Menyehatkan tulang

Dengan mengonsumsi buah pepaya bisa mencukupi kebutuhan vitamin K untuk kesehatan tulang yang baik. Karena melakukan tindakan dalam mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi ekskresi kalsium.

8. Sebagai cadangan energi

Selain berfungsi untuk memperlancar pencernaan, manfaat buah pepaya ternyata juga dapat memberikan cadangan energi untuk Anda yang memiliki banyak aktivitas. Selain bisa menjadi cadangan energi yang membuat Anda tidak mudah lelah, buah pepaya juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan tidur nyenyak setiap malam dan tidak mengalami insomnia.

9. Memperbaiki daya tahan tubuh

Pepaya mengandung vitamin C sebanyak 33 persen lebih banyak dibanding buah jeruk. Hal ini menjadikan manfaat buah pepaya bisa diandalkan untuk membantu memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Selain itu, khasiat buah pepaya lainnya juga bisa menguatkan kekebalan tubuh.

10. Mencegah kerutan

Vitamin E pada pepaya membuat manfaat buah pepaya untuk wajah adalah menghentikan kerusakan seluler dan juga mencegah pembentukan kerutan. Vitamin A bertanggung jawab menampilkan kulit yang halus dan tidak bernoda. Vitamin C dan E meningkatkan produksi kolagen sehingga mempertahankan kekencangan kulit.

11. Mencerahkan kulit wajah

Vitamin pada pepaya membantu mengurangi stres pada kulit dan mengangkat sel kulit mati. Hal ini memberikan efek rileks, sehat, cerah dan segar. Selain itu Pepaya mengandung antioksidan dan juga menutrisi kulit wajah sehingga terasa lembut dan kenyal. Cara mendapatkan manfaat buah pepaya untuk wajah adalah dengan menggunakan masker pepaya selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih dengan air dingin.

12. Mengatasi jerawat

Manfaat buah pepaya untuk wajah selanjutnya adalah mengatasi jerawat. Jerawat dan pori-pori yang besar merupakan dua permasalahan kulit yang paling ditakuti. Untuk meredakannya Anda bisa menggunakan masker pepaya secara rutin. Selain itu, masker ini juga bermanfaat membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan flek hitam yang membandel. Campurkan pepaya dengan lemon dan madu untuk mewujudkan formula masker alami yang lebih sempurna.

Manfaat Biji Buah Pepaya

Manfaat Biji Buah Pepaya untuk Kesehatan


Sama seperti daging buahnya, biji pepaya juga aman untuk dikonsumsi. Bahkan, biji dari buah yang bermanfaat untuk pencernaan ini mengandung berbagai mikronutrien esensial yang dilengkapi dengan tinggi polifenol dan flavonoid. Keduanya merupakan senyawa fitokimia alami dalam tanaman yang berperan sebagai antioksidan. Tidak hanya itu, biji buah pepaya juga dikemas dalam sejumlah besar asam lemak tak jenuh tunggal yang tentunya sehat dan aman untuk dimakan. Yang terpenting, kandungan seratnya tidak perlu diragukan lagi sehingga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol tubuh.

Dokter Wahyu Triasmara (Founder DRW SkinCare) menjelaskan bahwa biji buah pepaya bermanfaat sebagai antioksidan dalam darah karena dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL, serta meningkatkan kadar HDL (lipoprotein densitas tinggi). Biji pepaya memiliki efek hipolipidemia untuk terapi hiperlipidemia yang disebabkan oleh kadar lemak nabati atau kolesterol dalam jumlah terlalu tinggi karena ekstrak biji tersebut berisi kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, antrakuinon, dan antosianin. Menurutnya biji pepaya dapat dikonsumsi dengan cara diblender dan disajikan seperti membuat jus, atau pun dengan cara diseduh seperti menyeduh kopi setelah terlebih dahulu dikeringkan (dijemur) terlebih dahulu kemudian diblender atau bisa pula ditumbuk atau digiling.

Cara mengolah biji buah pepaya :
1. Cuci biji pepaya, lantas jemur 2-3 hari.
2. Setelah kering, blender/tumbuk biji pepaya tersebut hingga jadi serbuk.
3. Ambil satu sendok teh serbuk dan campur dengan satu gelas air hangat. Bisa dicampurkan dengan madu atau sedikit gula agar rasanya lebih nikmat. (bisa dibuat Jus langsung campur daging buah pepaya dengan bijinya dan minum 1-2 gelas jus biji pepaya tersebut setiap hari). Konsumsi secara teratur. Dalam 14 hari akan terasa khasiatnya untuk kesehatan pencernaan dan kebugaran tubuh (Tribunnews.com dengan judul Ekstrak Biji Pepaya Lindungi Tubuh Dari Racun).

Kita bisa juga menambahkan biji pepaya mentah pada makanan yang kita sukai, misalnya smoothie, saus untuk salad, atau marinade (bahan perendam daging atau ikan). Rasa biji buah pepaya mentah agak pahit dan sedikit pedas. Namun, kita dapat mengeringkan biji pepaya dan menggilingnya untuk dijadikan bubuk seperti cara mengolah biji pepaya di atas. Selanjutnya, kita dapat menggunakan bubuk biji pepaya kering yang sudah dihaluskan tersebut untuk menggantikan lada hitam pada masakan kita.

Bukan hanya beragam nutrisi yang memperkaya kandungan biji buah pepaya. Ada berbagai manfaat baik yang bisa kita peroleh dari biji buah dengan warna oranye yang menarik ini, antara lain :

1. Melindungi fungsi ginjal
Ginjal adalah organ tubuh yang bertugas untuk menyaring cairan yang masih dan yang tidak diperlukan lagi dari dalam tubuh. Uniknya, ternyata biji buah pepaya diyakini mampu melindungi dan menjaga kesehatan serta fungsi ginjal Anda.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diujicobakan pada tikus. Menurut penelitian yang dimuat dalam African Health Sciences ini, tikus yang diberikan ekstrak biji pepaya memiliki ginjal yang terhindar dari kerusakan akibat paracetamol.

Hasil penelitian ini turut didukung oleh penelitian lain dalam Journal Molecules, yang menyebutkan bahwa kandungan tinggi antioksidan dalam biji buah pepaya bisa menghambat kerusakan sel-sel ginjal sehingga menjaga kesehatannya.

2. Menjaga kesehatan pencernaan
Tidak berbeda jauh dengan daging buahnya, biji buah pepaya juga merupakan sumber serat yang baik. Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, asupan serat berperan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Di sisi lain, Anda akan lebih mudah buang air besar dan terhindar dari sembelit (susah buang air besar).

Makanan kaya serat juga diyakini dapat menghindari penyakit radang usus, mencegah luka usus, hingga menurunkan gejala wasir.

3. Mengurangi risiko kanker
Manfaat makan biji pepaya lainnya adalah bisa mengurangi risiko tumbuhnya sel-sel kanker. Sebuah penelitian pada tahun 2014 yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer membuktikan hal ini. Faktanya, biji pepaya punya sifat antikanker berkat segudang nutrisi dan antioksidan di dalamnya.

4. Melawan infeksi
Terakhir tapi yang tidak kalah penting, biji pepaya dipercaya dapat memerangi infeksi yang disebabkan oleh jamur dan parasit tertentu. Minum ekstrak biji pepaya kering bersama dengan madu ternyata juga efektif untuk membunuh parasit yang bersarang di usus sehingga melancarkan kerja usus.

Efek Samping Mengkonsumsi Biji Buah Pepaya yang Berlebihan

Apa pun yang berlebihan itu tidak baik, termasuk makan biji pepaya. Meski dinilai mengandung berbagai nutrisi dan kaya manfaat, tapi biji pepaya memiliki senyawa benzyl isothiocyanate. Senyawa ini memang lebih sering ditemukan pada tanaman hasil persilangan, yang ternyata baik untuk mencegah penyakit kanker.

Akan tetapi, jika dimakan secara berlebihan dikhawatirkan malah bisa menjadi bumerang bagi kesehatan kita. Meliputi merusak struktur DNA mengganggu kerja sel sehat dalam tubuh, hingga menurunkan kualitas sperma, yang sudah terbukti pada sel-sel tubuh hewan.

Sebenarnya masih diperlukan penelitian lebih lanjut guna mengetahui dampak buruknya bagi kesehatan manusia. Kita masih tetap diizinkan makan biji pepaya, tapi tidak ada salahnya untuk membatasi jumlah konsumsinya.

Demikian infonya, semoga bermanfaat untuk pengetahuan dan kesehatan kita. Jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini. Terima kasih :)


Sumber :
id.wikipedia.com
https://www.alodokter.com/manfaat-pepaya-bagi-kesehatan
https://www.liputan6.com/health/read/3694077/12-manfaat-daun-pepaya-untuk-kesehatan-dan-wanita-jarang-diketahui
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/manfaat-makan-biji-pepaya
https://www.tribunnews.com/kesehatan/2015/06/09/ekstrak-biji-pepaya-lindungi-tubuh-dari-racun










Video Pilihan


 

 

Semoga bermanfaat, jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini.
Terima kasih :)

1 comment: