Tuesday 16 July 2019

Pengertian Super Memory System dan Easy Writing dalam Proses Belajar Metode Quantum

Pengertian Super Memory System (SMS)


pengertian super memory system
Selamat Pagi,

Bagi adik-adik yang sedang mengikuti MOS (Masa Orientasi Sekolah), mungkin ada yang mendapat tugas mencari pengertian tentang Super Memory System dan Easy Writing yang merupakan bagian dari metode belajar quantum (metode belajar secara aktif). Berikut penjelasan singkatnya.

Super memory system adalah sebuah sistem pembelajaran yang membawa kita pada keajaiban otak yang di dalamnya mengandung berbagai trik dan tips untuk meningkatkan daya ingat dengan cepat dan tahan lama.

Manfaat Penerapan Super Memory System
Penerapan super memory system dalam sistem belajar dan mengajar akan membawa manfaat bagi siswa, diantaranya :
1. Meningkatkan daya ingat
2. Meningkatkan kreativitas
3. Menyeimbangka Otak Kiri dan Otak Kanan
4. Mengurangi kepikunan
5. Belajar lebih efektif dan menyenangkan
6. Meningkatkan motivasi belajar


Jenis Metode pembelajaran dalam Super Memory System (SMS)

Ada 4 metode pembelajaran yang dilakukan trainer dalam Memory System (SMS), yakni :
1. Cerita
2. Pengganti
3. Angka
4. Lokasi

Pengertian Easy Writing


cara menulis dengan mudah

Pengertian easy writing (menulis dengan mudah) adalah bagian dari proses belajar quantum melalui metode penulisan yang mudah dilakukan, dipahami dan dimengerti baik oleh penulis maupun pembacanya. Berikut cara-cara mudah dalam menulis serta tidak melanggar peraturan (bukan copy-paste). Ada tiga metode utama yang bisa kamu praktikan dengan segera.

  • Merekam percakapan. Jika kamu mengatakan bahwa berbicara lebih mudah daripada menulis, maka rekamlah percakapanmu. Katakan semua yang ada dalam pikiranmu. Setelah itu putar ulang, lalu mulailah mencatat apa saja perkataanmu yang penting-penting.
  • Menjawab pertanyaan. Ketahuilah, sesungguhnya menulis essay itu adalah menjawab pertanyaan 5W 1H (what, who, why, when, where dan how). “Apa” berkait substansi masalah, “siapa” yang terlibat, “mengapa” demikian, “kapan” dan “di mana” kejadiannya, serta “bagaimana” proses kejadiannya?
  • Membuat kerangka tulisan. Seperti membuat karangan dalam pelajaran bahasa Indonesia di SD ataupun SMP. Susunlah kerangka tulisan per alinea, kamu akan menuliskan apa? Mengapa ini dilakukan, karena biasanya kita itu cenderung pelupa. Nah untuk menghindari lupa maka ditulis dulu poin-poinnya.
Selanjutnya, ini berkait dengan pembiasaan saja. Sangat disarankan melakukan beberapa hal sebagai berikut.
  • Rajin mendengar dan membaca dari media yang ada. Dengan upaya ini, kamu akan memiliki standar mana tulisan yang baik dan mana yang kurang baik, mana yang asyik mana yang membosankan.
  • Rajin bertanya dan berdiskusi terkait topik tulisan. Carilah teman bicara yang sudah sering menulis. Diskusikan dengannya soal topik-topik yang menarik untuk ditulis (aktual dan faktual).
  • Cari referensi untuk memperkuat argumen tulisanmu. Sebuah referensi menjadi penting karena kamu bukan siapa-siapa. Untuk meyakinkan pembaca maka diperlukan beberapa referensi.
  • Baca ulang tulisanmu, lakukan koreksi. Lakukanlah pengeditan diakhir atau saat selesai menulis. Baca ulang apakah ada yang salah tanda baca atau kekeliruan dalam sistematika penulisan.
  • Jangan menilai tulisan sendiri. Terakhir, kamu sering ragu dengan tulisanmu. Maka biarlah orang lain yang menilainya. Bukan soal baik atau buruk, tapi ini soal seberapa berani kamu mulai menulis.
Demikian info dari kakak, semoga dapat membantu. Selamat Belajar :)
Sumber :
https://taufikibrahim.wordpress.com/otak-kanan/quantum-learning-2
http://swarakampus.com/web/2017/11/16/ini-dia-tips-menulis-mudah-bagi-pemula







No comments:

Post a Comment