Friday 17 May 2019

Tata Cara Pendaftaran Siswa Baru SMA

Selamat siang,

Kemarin lusa, kebetulan saya mendampingi keponakan daftar masuk SMA (Sekolah Menengah Atas) di salah satu SMA Negeri di kota Palembang. Sebelumnya sudah daftar terlebih dahulu secara online di PPDB (Pendaftaran  Peserta Didik Baru).  Nah, apa saja yang harus disiapkan :

cara daftar siswa baru sma


1. Untuk yang mendaftar sistem Zonasi, apa saja yang dibawa :
- Map kertas (atau bisa juga map kertas kambing)
- Kartu Keluarga Asli dan fotokopinya (bawa juga KTP orang tua/wali siapa tahu diperlukan)
- Print out bukti pendaftaran online sistem zonasi

2. Untuk yang mendaftar sistem Tes Potensi Akademik. (TPA) yang dibawa lebih banyak lagi :
- Map kertas
- Surat Pengantar dari sekolah asal
- Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (bisa menyusul)
- Fotokopi rapor yang sudah dilegalisir semester 1 - 5
- Fotokopi nilai rapot sementara semester terakhir (semester 6)
- Foto 2x3, 3x4 masing-masing 6 lembar (bawa lebih saja)
- Print out bukti pendaftaran online sistem TPA

Untuk beberapa sekolah seperti sekolah tempat keponakan saya mendaftar, pendaftaran sistem zonasi dan TPA bisa sekaligus jadi kalian tidak perlu bolak balik ke sekolah hanya untuk verifikasi. Siapakan saja semua data yang diperlukan, bawa data asli dan bawa juga fotokopiannya. Jangan lupa untuk fotokopi rapor harus dilegalisir.

Datanglah ke sekolah lebih awal karena sistemnya antrian dengan nomor. Teorinya, jadwal pendaftaran mulai 14 - 18 Mei 2019 mulai pukul 07.00 - 12.00 WIB. Namun bisa jadi setiap sekolah berbeda-beda jadwalnya apalagi ini kan bulan puasa. Untuk pengumuman yang lulus sistem zonasi tanggal 20 Mei 2019 (porsinya 40%). Yang tidak lulus bisa ikut seleksi dengan sistem TPA (porsinya 50%). Sisanya 10% untuk jalur tanpa test yang diambil dari siswa-siswa dengan nilai terbaik dari masing-masing sekolah asal di sekitar sekolah tujuan. Untuk jadwal testnya tergantung sekolah masing-masing.

Jangan lupa juga membawa alat tulis (pena), klip, staples, kantong plastik untuk foto dan map cadangan. Siapa tahu dibutuhkan (misalnya map cadangan tadi kalau tidak digunakan bisa untuk membantu teman yang lupa bawa map).

Demikian infonya, semoga bermanfaat untuk kakak-kakak yang telah tamat SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan mau masuk SMA. Sedangkan untuk adik-adik yang mau masuk SMP Negeri silahkan klik Cara Daftar Secara Online di PPDB Tingkat SMP. Untuk kalian yang masih punya pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini dan terima kasih sudah berkunjung di blog ini. Salam Sukses :)


Artikel Pilihan


Artikel Pilihan


   

   


Video Pilihan


 

 

Semoga bermanfaat, jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini.
Terima kasih :)

1 comment:

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete