Friday 4 September 2015

MENGENAL KOMIK

Ayo cari tahu tentang KOMIK !!!

apa itu komik


Kata komik berasal dari kata comic (bahasa Inggris) yang artinya segala sesuatu yang lucu dan menghibur atau bisa juga kita katakan dalam bahasa kita sebagai lawakan. Ensiklopedia Indonesia menjelaskan bahwa kata komik berasal dari bahasa Yunani dengan kata komikos yang berarti sesuatu yang lucu atau menggelikan hati, sedangkan dalam kata benda berarti pelawak. Pada awalnya komik ini dimaksudkan sebagai serangkaian gambar yang berurutan dan memiliki keterkaitan antar gambar satu dengan yang lain yang bisanya ditambah dengan tulisan untuk mempertegas maksud dari gambar tersebut.

Berikut pendapat beberapa ahli mengenai komik :
1. Will Eisner, salah seorang komikus senior di Amerika mengatakan bahwa komik merupakan tatanan gambar dan kumpalan kata yang berurutan
2. Scott McCloud, seorang komikus terkenal dan penulis buku tentang dunia komik beranggapan bahwa komik adalah gambar yang menyampaikan informasi dan menghasilkan respon estitik bagi orang yang melihatnya
3. R.A. Kosasih, Bapak komik Indonesia, penulis dan penggambar komik termasyur asal Indonesia mengatakan bahwa komik adalah media atau alat untuk bercerita lewat media gambar dan kata.

Pada awalnya cerita komik bertema tentang kepahlawanan (super hero) yang suka membantu kaum lemah tanpa mengharap balas budi. Namun seiring perkembangan zaman cerita komik telah berkembang dengan berbagai macam tema kehidupan sosial masyarakat.

Pada masa kini (1990an - 2000an), terdapat dua aliran utama yang mendominasi komik modern Indonesia, yaitu :

1. Aliran Amerika yang dikenal dengan comics. Komikus aliran ini banyak mereferensikan karya-karya mereka pada komikus-komikus Amerika.

2. Aliran Jepang yang dikenal dengan manga. Kebanyakan nama pengarangnya disamarkan dengan nickname masing-masing di dunia maya.

Untuk membahas lebih rinci mengenai perbedaan komik aliran Amerika (Barat) dan komik aliran Jepang (Timur), kalian bisa baca artikel lengkapnya di sini Perbedaan Komik Barat (Amerika) dan Komik Timur (Manga).

Demikianlah cerita singkat dari penulis, sedikit banyak dapat menambah pengetahuan kita semua tentang dunia komik. Terima kasih sudah mampir ke blog ini, Tetap Semangat. :)


Artikel Terkait








Video Pilihan


 

 

Semoga bermanfaat, jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini.
Terima kasih :)

No comments:

Post a Comment