Saturday 25 July 2020

Upaya-Upaya Sederhana Menghadapi Wabah Corona di Rumah


Hai Sahabat kokominfo, senang bisa menulis lagi di sini....

upaya sederhana menghadapi corona

Seperti yang kita ketahui wabah Covid-19 (corona) telah menghantam perekonomian negara-negara hampir di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Dampak negatifnya masih kita rasakan bahkan belum diketahui kapan berakhirnya.

Di masa sulit saat ini, kita berusaha sebisa mungkin menghadapinya walau dengan kondisi apa adanya karena wabah ini terjadi tiba-tiba. Jadi tidak banyak yang bisa kita persiapkan terutama orang-orang berpenghasilan kecil seperti saya. Sebagai orang kecil yang bisa kami lakukan adalah bertahan hidup dengan kondisi yang ada. Adapun beberapa hal yang bisa kami lakukan untuk bertahan dengan kondisi sulit saat ini adalah :

1, Menjaga Kesehatan
Menjaga kesehatan adalah hal yang paling utama sebagai upaya kita bertahan dan melawan penyebaran wabah ini. Dengan kondisi tubuh kita yang sehat maka kita dapat melakukan banyak hal dalam upaya menghadapi penyebaran virus corona ini. Beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam upaya menjaga kesehatan antara lain :
  • Mencuci tangan setelah berkaktifitas dengan menggunakan sabun dan air mengalir.
  • Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan
  • Menjaga jarak saat berkomunikasi langsung dengan orang lain yang tidak tinggal dalam satu rumah.
  • Mandi yang bersih dan ganti pakaian setelah melakukan aktifitas yang jauh di luar rumah.
  • Makan makan yang bergizi secukupnya.
  • Sempatkan berolahraga ringan atau sekedar beraktifitas di luar ruangan seperti di halaman rumah.

2. Menghemat Pengeluaran Uang
Pada masa wabah seperti sekarang, aktifitas perekonomian tentunya mengalami penurunan. Hal ini memang tidak bisa dihindari karena untuk mengatasi penyebaran virus corona ini maka aktifitas di luar rumah memang harus dikurangi. Kita pun mesti menjaga jarak satu sama lain dalam beraktifitas sehingga ada keterbatasan dalam melakukan kegiatan di luar rumah termasuk kegiatan kita dalam mencari nafkah, baik itu bekerja atau pun membuka usaha. Otomatis karena keterbatasan dalam bekerja dan berusaha, maka pemasukan kita pun berkurang. Oleh karena itu kita mesti menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran belanja rumah tangga dan belanja lainnya, misalnya menghemat belanja memasak kita sehari-hari, disiplin dalam penggunaan air dan listrik, membatasi penggunaan kendaraan bermotor hanya untuk keperluan yang penting saja, menunda membeli pakaian baru, dan lain sebagainya.

3. Memaksimalkan Barang yang Ada di Rumah
Memaksimalkan manfaat barang yang sudah ada di rumah untuk keperluan kita selama wabah ini merupakan cara kita untuk bertahan dalam kondisi yang sulit saat ini. Kok bisa gitu? Ehm, coba kita pikir kita mempunya tumpukan atau simpanan barang entah itu di lemari, di gudang atau juga di sekitar rumah kita. Sayangnya barang-barang tersebut tidak bisa kita manfaatkan keberadaanya. Nah, inilah maksud saya mari kita manfaatkan barang-barang tersebut untuk membantu kita bertahan dalam kondisi ini, misalnya :
  • Kita memiliki memiliki sepeda yang jarang kita gunakan, maka di saat ini mari kita gunakan sepeda itu untuk keperluan kita belanja sehari-hari selain menghemat bensin juga membuat kita sehat.
  • Jika kita memiliki alat-alat elektronik yang sudah tidak digunakan lagi atau sudah rusak. Coba kita jual secara online siapa tahu ada yang berminat dengan barang elektronik kita tadi. Atau coba kita perbaiki sendiri karena di masa pandemi ini kita memiliki banyak waktu luang sehingga barang tersebut bisa digunakan atau dijual. Atai kalau memang sudah tidak bisa diperbaiki lagi ya kita jual saja ke pengepul (pengumpul barang rongsokan), setidak-tidaknya barang tersebut bisa membawa manfaat bagi kita dan orang lain.
  • Coba buka lemari pakaian kalian, lihat apakah ada pakaian lama yang masih bagus dan layak pakai. Pakaian tersebut bisa juga dijual kembali secara online atau kalau kita mau bersedekah bisa diberikan kepada saudara atau tetangga kita yang membutuhkannya. 

4. Menjaga Komunikasi dengan Keluarga secara Online
Di masa pandemi ini, kita akan lebih banyak berkomunikasi secara online dengan keluarga dan orang sekitar kita. Hal ini memang mesti kita lakukan karena dengan komunikasi inilah kita akan banyak tahu tentang informasi terkini yang terjadi di sekitar kita, informasi dalam lingkungan keluarga dan juga informasi perkembangan penanganan wabah ini baik lokal, nasional, maupun global. Dan jangan lupa pula dengan menjalin komunikasi yang baik akan menjadi salah satu jalan kelancaran urusan dan rezeki kita.

Demikianlah infonya, semoga bermanfaat buat kita semua. Terima kasih sudah mampir di sini. Jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini. Tetap Semangat dan Selalu Jaga Kesehatan Lingkungan :)

2 comments:


  1. permainan poker yang gampang menangnya hanya di IONQQ
    ayo segera di coba permainan kami :D
    WA: +855 1537 3217

    ReplyDelete