Tuesday 21 January 2020

Makalah tentang Cara Mengganti Perban pada Luka


Hai sahabat,

Selamat malam, kali kita akan membahas mengenai contoh makalah tentang cara mengganti perban pada luka. Mengganti balutan atau perban adalah suatu tindakan keperawatan untuk mengganti perban perawatan luka untuk mencegah infeksi dengan cara mengganti balutan yang kotor dengan balutan yang bersih.

Cara Ganti Perban pada Luka

Pengertian luka adalah terganggunya suatu kontinuitas dari suatu bagian tubuh yang bisa diakibatkan oleh berbagai trauma, baik secara mekanik, panas, kimia, radiasi atau infasi dari mikroorganisme patogen.


Faktor-faktor yang mempengaruhi proses penyembuhan luka antara lain sebagai berikut : 
• Usia 
• Nutrisi
• Status immunologi
• Penyakit metabolik dan gangguan vascularisasi
• Pemakaian obat-obatan 

Sedangkan tujuan dari mengganti perban pada luka yaitu :
a) Mencegah terjadinya infeksi
b) Rasa aman dan nyaman bagi klien (pasien) dan orang lain di sekitarnya
c) Membantu proses penyembuhan luka.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikelnya berikut, baik dalam file Pdf atau Ms. Word terdiri dari 11 lembar lengkap dengan kata pengantar dan daftar isinya juga.

Makalah Cara Mengganti Perban pada Luka

Luka yang terjadi pada tubuh kita tentunya akan diobati dan bila perlu diberikan perban/balutan. Nah, untuk luka yang cukup besar biasanya diperban dan memerlukan waktu yang relatif lama untuk penyembuhan. Oleh karena itu perban penutup luka itu mesti rutin diganti. Mengganti balutan adalah menukar balutan/penutup luka yang kotor atau yang lama dengan penutup/pembalut luka yang baru. Atau balutan merupakan perawatan pada luka dengan cara mamantau keadaan luka, melakukan penggantian balutan (ganti verban) dan mencegah terjadinya infeksi. Pembalutan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi atau infeksi silang, memberikan rasa aman dan nyaman bagi pasien dan orang lain di sekitarnya.

Untuk yang memerlukan file Ms. Word artikel ini silahkan download di sini Contoh Makalah tentang Cara Mengganti Perban pada Luka.

Demikianlah postingan kali ini, terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini. Ayo Semangat :)







Video Pilihan


 

 

Semoga bermanfaat, jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini.
Terima kasih :)

No comments:

Post a Comment