Saturday 14 September 2019

Memulai Usaha Rental Mobil

Selamat Siang Sahabat ....

Kali ini kita akan membahas soal usaha rental mobil, bagaimana memulai sebuah usaha rental mobil? Nah, silahkan baca artikel berikut ini :

Memulai Usaha Rental Mobil


Contoh Kwitansi Tanda Terima Rental Mobil

Dunia usaha memang menjanjikan. Namun untuk memulai sebuah usaha adalah sesuatu yang tidak mudah bagi sebagian besar orang. Banyak diantara mereka yang membayangkan hal-hal indah saat akan membuka usaha. Tapi faktanya dari sekian banyak usaha yang dibuka, hanya sedikit yang bisa bertahan dan terus berkembang. Hal ini juga terjadi pada usaha di bidang rental mobil. Ada banyak orang yang terjun di dalamnya, namun sedikit yang bisa bertahan dan berkembang. Apalagi pengusaha rental mobil harus bersaing dengan Go Car dan Grab Car yang bisa menjadi alternatif bagi pengguna transportasi roda empat (mobil). Tak jarang yang dilihat usahanya sudah besar pun akhirnya tumbang seiring dengan berjalannya waktu. Berikut ini kami sampaikan beberapa tips yang kami peroleh dari beberapa sumber bagi yang mau berkecimpung di bidang rental mobil, semoga bermanfaat.


Mulai Dari Yang Kita Punya
Mulailah usaha dengan apa yang ada dan kita miliki. Jika kita baru punya kemampuan menyetir, maka carilah partner yang bisa diajak kerjasama untuk dipinjam mobilnya. Jika belum mampu beli mobil cash, maka tunggu hingga memiliki finansial yang cukup. Ingat, bisnis itu mencari uang bukan membuang uang. Jika usaha rental mobil masih bersifat kecil atau rumahan, usahakan tidak banyak pengeluaran yang sifatnya masih bisa kita handle sendiri. Misalnya biaya pembuatan kwitansi tanda terima rental mobil. Ada banyak contoh kwitansi yang bisa kita tiru di internet. Salah satunya adalah kwitansi seperti contoh di atas. Kita bisa membuat sendiri kwitansi seperti di atas tanpa harus memesan ke percetakan terus tinggal kita edit sesuai dengan keinginan kita. Jangan lupa diberi stempel asli ketika bertransaksi.  

Silahkan download untuk memperoleh file MS. Wordnya di sini 

Banyak pengusaha gagal karena mereka menggelontorkan banyak modal di awal kerja mereka padahal masih bisa menghemat uang dengan cara seperti tadi. Uang sudah jor-joran dikeluarkan namun untung tak kunjung datang. Hingga akhirnya bisnis tersebut tumbang. Bisnis itu mencari uang, bukan membuang uang.

Hindari Pinjaman Bank Kalau Memberatkan
Banyak orang berargumen bahwa bisnis butuh modal dan modal itu didapat dengan meminjam uang di bank. Hal tersebut menurut kami tidak sepenuhnya benar. Modal dalam bisnis tidak selalu soal uang. Uang memang dibutuhkan dalam memulai suatu usaha namun bukan hal yang paling utama. Reputasi juga merupakan modal bisnis, kecakapan akan skill tertentu juga merupakan modal bisnis. Meminjam uang di bank dalam pandangan seorang muslim akan membuat terjebak dalam riba yang merupakan salah satu dosa. Maka mulai dari apa yang ada sebagaimana point pertama, setelah kita memiliki reputasi yang bagus kita bisa berbisnis rental mobil menggunakan modal uang (investasi) dari orang lain yang percaya sama usaha kita dengan sistem bagi hasil. Mulailah dari keluarga dan sahabat terdekat siapa tahu ada yang sepaham dan berminat untuk membantu mengembangkan usaha tersebut (rental mobil) atau sekedar memberi informasi tentang seseorang yang bisa diajak bekerja sama dalam bisnis ini.  

Berikan Pelayanan Yang Baik
Usaha rental mobil adalah salah satu jenis usaha jasa. Yang namanya jasa, layanan dari perusahaan yang kita dirikan akan langsung dirasakan oleh konsumen. Maka perlakukan dengan baik setiap konsumen. Baik dari kalangan yang mampu maupun tidak mampu. Karena dari setiap orang yang puas dengan layanan rental mobil kita akan menjadi media promosi yang paling kuat, yaitu referensi atau word of mouth (promosi usaha kita dari mulut ke mulut).

Pisahkan Keuangan Usaha dan Keuangan Keluarga
Salah satu kekeliruan pebisnis lainnya adalah bersatunya uang untuk usaha dengan keuangan keluarga. Disiplin dalam memilah kedua jenis keuangan ini akan membuat bisnis anda terselamatkan dari jebakan keuangan minus yang tiba-tiba akibat uang perusahaan dipakai untuk keperluan keluarga. Awalnya mungkin sulit, kerjasama yang baik antara suami dan istri akan membantu mempermudah teknis pemisahan keuangan keluarga dan keuangan usaha.

Rawat Mobil dengan Baik
Mobil yang dipakai untuk jasa sewa mobil terbiasa untuk bepergian jauh atau dipakai dalam waktu yang lama. Maka penting untuk menjaga tampilan luar dalam mobil dengan baik. Pastikan fungsi mesin berjalan dengan baik agar tidak terjadi mogok yang tiba-tiba. Cek selalu kondisi ban dan bila perlu selalu membawa ban cadangan saat bepergian jauh keluar kota. Mobil terawat dengan baik akan membuat tamu senang. Sehingga jasa rental mobil kita akan menjadi pilihan mereka di lain waktu. Kita mungkin bukan rental mobil terbaik yang ada di sebuah kota, namun kita berusaha memberikan mobil dengan kondisi terbaik saat akan dipakai untuk mengantar tamu.

Rajin Promosi Kreatif
Generasi Milenial merupakan generasi yang tidak begitu loyal dengan brand tertentu. Karena media informasi yang mereka bisa akses membuat mereka suka mencoba hal baru terus menerus. Untuk mengatasi hal ini, pengusaha rental mobil harus pintar membuat promosi untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Semisal dengan membuat akun facebook dan instagram yang bagus dan membuat promo lewat akun tersebut. Marketing secara kreatif juga bisa memanfaatkan google bisnisku, channel youtube, blog, website, WA atau email.

Jangan Gampang Puas
Banyak para pengusaha sudah merasa puas dengan kesuksesan kecil, sehingga mereka kemudian lalai. Akibatnya mulai melakukan yang kegiatan yang aneh-aneh. Semisal kemudian kredit rumah, membuat kartu kredit dan sebagainya. Sehingga lama-kelamaan aset mereka habis dan berganti dengan liabilitas (hutang yang harus dilunasi). Tetaplah bersahaja meskipun sudah sukses. Penulis ingat cerita seorang Kades di sebuah desa di Blambangan, Lampung. Beliau tidak memiliki mobil bukan karena tidak mampu membelinya tapi supaya hidup sederhana dan sudah merasa cukup dengan motornya. Kalau butuh mobil dia tinggal hubungi rental mobil langganannya yang siap mengantar dia dan keluarganya ke mana saja.

Demikianlah dari kami, tidak ada bisnis yang benar-benar stabil dan seorang pengusaha harus siap menghadapi dan mencari solusinya. Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa bantu support kami dengan Follow atau Ikuti blog ini. Semoga Sukses :)



Artikel Pilihan




Kali ini kita akan bahas mengenai beberapa contoh kerajinan tangan yang dibuat dari barang bekas pakai atau juga dengan tambahan accessoris lainnya yang masih baru untuk mempercantik tampilannya.













Aplikasi untuk jual pulsa sudah banyak sekali, ada Bukalapak, Paytren, Pulsagram dan lain sebagainya. Mesti yakin dan berani memulai. Bergabunglah dengan website aplikasi jual pulsa dan pembayaran online yang terpercaya dan konsisten dari awal berdirinya.





Video Pilihan


 

 



Semoga bermanfaat, jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini.
Terima kasih :)


1 comment:

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete