Monday 16 September 2019

Contoh Kerajinan Tangan dari Barang Bekas dan Cara Membuatnya

Selamat malam ....

Kali ini kita akan bahas mengenai beberapa contoh kerajinan tangan yang dibuat dari barang bekas pakai atau juga dengan tambahan accessoris lainnya yang masih baru untuk mempercantik tampilannya. Tadi ketika kalian pulang sekolah kalian pasti lihat di sekitaran jalan pulang terdapat sampah kaleng, plastik, keping cd, dan barang-barang bekas lainnya. Tahu gak kalian, kalau barang-barang bekas tersebut masih bisa kita gunakan sebagai bahan pembuatan kerajinan yang memiliki nilai ekonomis. Mengerjakannya juga tidak sulit. Dan bila sudah jadi, maka barang tersebut akan sangat bermanfaat buat kita.

Dalam artikel ini akan kita bahas mengenai cara pembuatan kerajinan tangan sebagai bagian dari Pelajaran Seni dan Budaya. Berikut contoh-contoh kerajinan tangan dan penjelasan cara membuatnya.

Contoh-Contoh Kerajinan Tangan


1.        Gelang Wol Dengan Anyaman

Kerajinan gelang wol dengan anyaman

Cara membuat gelang dari benang wol gelang yang pertama merupakan gelang yang paling sederhana karena hanya dibuat dengan cara menganyamnya. Gelang ini juga dapat ditambah dengan aneka macam pernak-pernik tambahan. 



Sebelum membuat gelang dari benang wol, silahkan siapkan alat dan bahan-bahannya terlebih dahulu: Benang wol dengan 3 warna yang berbeda. Pilihlah warna yang kalian sukai dan mencerminkan kepribadian kalian. Manik-manik dan aksesori tambahan lainnya Gunting Tang Setelah semua bahan-bahannya terkumpul, mari ikuti langkah-langkah pembuatan gelang dari benang wol berikut ini:

Siapkan 3 helai benang wol yang warnanya sama dengan panjang sekitar 20 cm atau sesuaikan dengan lingkar pergelangan tangan Anda. Ikat ketiga benang wol tersebut pada bagian atasnya lalu kepang hingga habis. Lakukan langkah di atas untuk dua warna yang lainnya. Setelah ketiga warna benang wol tersebut dikepang, silahkan gabungkan ketiganya hingga menjadi sebuah gelang. Tambahkan aksesoris yang sudah kalian siapkan di sekeliling gelang tersebut dengan bantuan tang. Sebagai tambahan, kalian dapat mengatur lebar gelang tersebut dengan cara menambah atau mengurangi benang wol yang digunakan. Kalian juga dapat membuat satu gelang dari tiga warna sekaligus agar lebih bervariasi.

2.        Gelang Wol Dengan Kancing

Kerajinan Gelang Wol dengan Kancing

Gelang persahabatan dari benang wol Cara membuat gelang dari benang wol yang selanjutnya akan menggunakan bantuan kancing atau manik-manik. Kalian dapat memilih manik-manik yang memiliki lubang di bagian tengahnya seperti yang sering digunakan dalam pembuatan benang, tasbih, dan semacamnya.

Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan. Benang wol satu warna Kancing atau manik-manik Gunting Jika semua bahan di atas sudah siap, sekarang silahkan ikuti langkah-langkah pembuatannya berikut ini:

Siapkan beberapa helai benang wol sesuai dengan ketebalan yang kalian inginkan. Potong benang tersebut sekitar 20 cm atau sesuaikan dengan diameter pergelangan tangan kalian. Gabungkan semua benang tersebut lalu ikat simpul pada bagian ujungnya. Masukan satu kancing ke dalamnya hingga menyentuh simpul tersebut. Ikat simpul lagi di depan kancing tersebut untuk menguncinya. Silahkan ulangi langkah di atas hingga semua benang terisi kancing. Pastikan jarak antara satu kancing dengan yang lainnya tidak terlalu dekat atau terlalu jauh. Terakhir, silahkan ikat benang tersebut hingga menjadi sebuah gelang.

3.    Gelang Wol Dengan Ring

Gelang Wol dengan Ring

Cara membuat gelang wol dengan ring. Bila kalian kurang mahir dalam menganyam atau mengepang benang wol, maka cara ysng  ini dapat kalian coba. Kerajinan gelang wol yang ini akan menggunakan bantuan ring untuk membuatnya.

Pertama-tama, mari kita siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu: Benang wol Ring alumunium yang biasa digunakan untuk membuat gelang atau ring untuk membuat dream catcher. Pernak-pernik dan aksesoris lainnya berupa gunting dan lem.

Setelah semua bahan dan alat di atas terkumpul, sekarang mari kita langsung mengikuti langkah-langkah pembuatannya: Siapkan ring lalu olesi sebagian permukaanya (sekitar 1 cm) dengan lem. Tempelkan ujung benang wol pada bagian yang diolesi lem tersebut. Lilitkan benang ke seluruh permukaan ring. Usahakan untuk membuat lilitan yang rapi melingkari ring tanpa ada yang saling bertumpukan.

Setelah semuanya tertutupi, silahkan lem kembali bagian ujung dari ring tersebut. Tambahkan berbagai pernak-pernik dan aksesoris agar gelang kalian semakin cantik. Nah itulah beberapa cara membuat gelang dari benang wol yang dapat kalian coba praktekan di rumah. Kalian tidak perlu terpaku pada tutorial di atas karena kalian dapat membuatnya lebih cantik dan lebih menarik lagi sesuai dengan kreativitas yang kalian miliki. 

4.        Membuat Kreasi Mosaik dari CD Bekas
Membuat Kreasi Mosaik dari CD Bekas

Membuat kreasi mosaik dari CD bekas adalah kerajinan tangan yang sempurna jika terkena cahaya, karena menghasilkan kilauan cahaya yang indah. Kali ini kita akan membuat kreasi mosaik dari CD bekas untuk bingkai cermin.
Alat dan bahan:
  1. CD bekas
  2. Gunting
  3. Lem 
  4. Duplex (jenis kertas karton yang memiliki dua sisi berbeda di mana satu sisi permukaannya memiliki warna putih, sedangkan di sisi lain memiliki warna abu-abu)
  5. Plastik bekas benang
  6. Cermin ukuran 20 x 25 cm (ukuran bisa sesuai keinginan)
  7. Pengait 
Cara Membuat :
  1. Potong duplex dengan ukuran 30 x 35 cm.  
  2. Tempelkan cermin dengan lem di tengah-tengah duplex yang sudah dipotong, diamkan hingga cermin benar-benar menempel pada duplex.
  3. Potong kepingan CD menjadi beberapa serpihan atau potongan kecil dengan menggunakan gunting.
  4. Hias cermin yang sudah menepel pada duplex dengan plastik bekas benang pada bagian atas dan bawah cermin.
  5. Kemudian tempelkan serpihan CD pada samping kanan dan kiri cermin, tempelkan hingga semua bagian duplex tertutup.
  6. Terakhir buat pengait pada duplex agar cermin bisa digantung.
  7. Selesai, jadilah bingkai cermin dengan hiasan mosaik dari CD bekas.
5.        Cara Membuat Tas Laptop dari Kain Batik Bekas



Kalian punya baju/rok batik yang kekecilan/robek? Mau makai bikin nggak pede, padahal kain batiknya masih bagus. Apa boleh buat, daur ulang saja jadi tas laptop. Wah kebetulan tuh, karena punya tas laptop cuma satu, itu pun warna polos. Untuk membuat tas laptop dari kain bekas, kalian membutuhkan bahan dan alat sebagai berikut:
  • Kain batik bekas 50 x 75 cm/sesuai ukuran laptop
  • Gunting
  • Busa angin/PC foam 5 mm, 60 x 40 cm
  • Ritsleting besar 120 cm
  • Karet elastis
  • Kain spunbond hitam/sesuai selera
  • Jarum dan benang jahit/mesin jahit
  • Meteran (jika diperlukan)
Cara membuat tas laptop dari kain batik bekas:
  1. Potong kain batik untuk tali sebanyak dua lembar
  2. Ukur kain batik sesuai ukuran laptop, lalu potong
  3. Potong kain spunbond sesuai ukuran batik dan juga potong busa angin 2 lembar sesuai ukuran badan tas
  4. Satukan kain batik yang sudah dipotong dengan spunbond, ukur 26 cm dari kedua sisi tas, buat garis, jahit dua baris bagian tengahnya saja
  5. Selipkan busa angin/PC foam di seluruh bagian badan tas, lalu jahit keliling
  6. Potong karet sebanyak 4 buah dan jahit di keempat sudut bagian dalam tas
  7. Jahit dua tali tas laptop di bagian tengahnya. Lalu jahit ritsleting keliling
  8. Jika perlu tali panjang, maka buat tali dari sisa kain batik lalu jahit tepi atas badan tas bagian belakang, balik dan rapikan dengan jahitan di kedua sisi tas
  9. Selesai…Tas laptop buatan sendiri dari kain batik bekas siap dipakai.

6.        Cara Membuat Tempat Pensil dari Ranting dan Daun Kering


Simak alat dan bahan yang diperlukan, hingga langkah-langkah pembuatan tempat pensil dari kaleng bekas dan ranting kering ini.

Alat dan Bahan yang Diperlukan
Siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat tempat pensil unik dari kaleng bekas, berupa:
  • kaleng bekas ikan sarden, saya menggunakan kaleng yang dapat dibuka langsung dengan menarik tutup atas, jadi tidak perlu melakukan pemotongan.
  • ranting kering, saya gunakan batang tanaman gulma yang telah kering yang saya ambil dari halaman belakang rumah. Saya menggunakan ranting tanaman yang agak lurus dengan ukuran relatif sama. 
  • kertas bekas sampul makalah warna merah untuk ornamen bunga mawar
  • daun kering, saya menggunakan daun pohon pelindung yang banyak tumbuh di pinggir jalan (daun saman atau biasa disebut daun ki hujan).
  • Cutter atau pisau kecil untuk memotong ranting
  • gunting untuk membuat bunga
  • lem tembak (hot glue) dan pistolnya
  • Mistar untuk mengukur tinggi kaleng sarden dan mengukur panjang ranting yang akan dipotong.
Cara Pembuatan
Berikut ini adalah cara membuat tempat pensil yang unik dari kaleng bekas sarden dan ranting serta daun kering:
  • Ukuran ketinggian kaleng sarden yang digunakan dengan mistar.
  • Potong beberapa batang ranting kering setinggi kaleng. Gunakan cutter atau pisau kecil untuk keperluan ini. Hati-hati, jangan sampai jari tangan anda terluka oleh cutter atau pisau!
  • Selanjutnya siapkan lem tembak. Colok pada listrik dan biarkan lem menjadi panas dan meleleh. 
  • Aplikasikan lem pada sisi kaleng.
  • Tempelkan ranting kering satu per satu sambil diberi lem.
  • Usahakan serapi dan serapat mungkin. Pertimbangkan juga warna dan susunan ranting agar tampak menarik.
  • Nah, selesaikan menempel ranting kering pada semua permukaan dinding atau sisi kaleng.
  • Siapkan beberapa helai daun kering. Saya menggunakan daun saman atau daun ki hujan (pohon peneduh) yang banyak tumbuh di pinggir jalan. Bentuknya unik dan permukaannya tampak mengkilap dengan ukuran kecil-kecil dan bervariasi. Ini bekas sisa proyek yang lalu lho, masih saya simpan dan ternyata dapat dimanfaatkan pada kerajinan tangan kita kali ini.
  • Tempelkan kuntum bunga mawar dan beberapa helai daun. Kita bahkan dapat memanfaatkan ornamen ini dengan merekatkannya pada bagian lapisan ranting yang kurang rapi. Menambah cantik, sekaligus juga menutup bagian yang kurang bagus. Atur posisinya sedemikian rupa supaya terlihat menarik. 
  • Selesai. Inilah tempat pensil dari bekas kaleng sarden yang telah dihias.
Untuk lebih jelasnya, silahkan kalian download artikel di atas dalam bentuk file MS. Word di sini Contoh Kerajinan Tangan dan Cara Membuatnya.

Demikian langkah-langkah pembuatan kerajinan tangan berupa gelang dari benang wol, tempat pensil dari kaleng bekas ikan sarden yang dihiasi dengan ranting dan daun kering serta kerajinan-kerajinan tangan lainnya. Terima kasih sudah mampir disini. Jangan lupa untuk follow blog ini untuk mengikuti updatean artikel-artikel yang bermanfaat buat kita semua. Tetap Semangat dan Sukses Selalu :)

Sumber :
nopehasanah.blogspot.com


Artikel Terkait












Artikel Pilihan


Aplikasi untuk jual pulsa sudah banyak sekali, ada Bukalapak, Paytren, Pulsagram dan lain sebagainya. Ditambah lagi kita harus bersaing dengan pemain besar seperti Alpamart dan Indomaret. Kebanyakan dari kita tentunya bingung untuk memulainya. Yakin saja dan lakukan dulu. Bergabunglah dengan website aplikasi jual pulsa dan pembayaran online yang terpercaya dan konsisten dari awal berdirinya.




Contoh brosur dan daftar menu yang diposting di sini juga disertai dengan file dokumen MS. Wordnya supaya sahabat bisa lebih mudah mengedit gambar dan teks yang ada. Oke, langsung saja berikut contoh brosur dan daftar menunya.








Video Pilihan


 

 

Semoga bermanfaat, jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini.
Terima kasih :)

No comments:

Post a Comment