Saturday 31 August 2019

Pengertian Roda dan Katrol serta Fungsi dan Penjelasannya

Hai adik-adik,

Pengertian Roda dan Katrol serta Fungsi dan Contoh Penerapannya


Apa kabar semuanya? Pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian roda dan katrol serta fungsi dan penerapannya. Langsung saja ya, pembahasannya di bawah ini.


PENGERTIAN RODA DAN KATROL 
SERTA FUNGSI DAN CONTOH PENERAPANNYA

Roda

Contoh Bentuk Roda dan Penjelasannya

Roda adalah adalah objek berbentuk lingkaran, yang bersama dengan sumbu, dapat menghasilkan suatu gerakan dengan gesekan kecil dengan cara bergulir. Contoh umum ditemukan dalam penerapan dalam transportasi. Istilah roda juga sering digunakan untuk objek-objek berbentuk lingkaran lainnya yang berputar seperti kincir air.

Roda sebagai bagian vital kendaraan atau mesin, mula pertama ditemukan oleh orang Sumeria pada 3.500 tahun SM. Di Mesopotamia, ditemukan pula sebuah benda bulat dengan poros di bagian tengahnya, diperkirakan sebuah tatakan untuk membuat tembikar dari masa yang sama. Ini membuktikan bahwa pada saat itu orang mulai tahu prinsip kerja gerak lingkaran.
Selanjutnya, pada 3000 SM, kereta dorong mulai dikenal di Asiria, kemudian berlanjut di Lembah Indus. Sedangkan masyarakat Eropa Daratan dan Tengah baru mengenal kereta dorong sekitar 1000 SM, malah Inggris baru pada tahun 500 SM.
Pada tahun 1515 orang menemukan wheel-lock, roda yang bisa diputar dan berhenti oleh sebuah benda pengganjal. Prinsip ini kemudian dikembangkan menjadi roda gerigi pemantik bom -  dan korek api.
Fungsi  roda :
1. Menahan seluruh berat kendaraan
2. Memindahkan tenaga ke permukaan jalan
3. Memindahkan gaya pengereman ke permukaan jalan
4. Menjadikan sistem kemudi dapat bekerja
5. Mengurangi kejutan yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak rata

Katrol 
Katrol adalah sebuah roda di atas sebuah as roda atau penggerak roda yang dirancang untuk mendukung pergerakan dan mengubah arah dari kabel atau sabuk yang dipasang, atau mentransfer kekuatan antara penggerak roda dan kabel atau sabuk. Berikut Jenis-jenis katrol :

Pengertian Katrol Tetap

Katrol tetap adalah katrol yang terpasang di suatu tempat (tetap). Katrol tetap tidak mengurangi gaya, tetapi memudahkan mengubah arah gaya. Contoh: katrol yang dipasang pada kerekan dan sumur untuk memindahkan air.

Pengertian Katrol Majemuk

Katrol majemuk adalah paduan antara katrol tetap dengan katrol bebas. Pada katrol majemuk terdapat dua katrol yang masing-masing berfungsi sebagai katrol tetap dan katrol majemuk. Ada juga katrol majemuk yang terdiri atas dua blok katrol. Ada juga katrol majemuk yang terdiri atas dua balok katrol. Katrol jenis ini dapat digunakan untuk mengangkat beban yang sangat berat sehingga untuk menarik tali digunakan mesin penarik.

Pengertian Katrol Bebas

Katrol bebas mempunyai kedudukan atau posisi yang berubah ketika digunakan. Katrol jenis ini biasanya berada di atas tali yang kedudukannya dapat berubah. Katrol dipasang pada tali bergantung sehingga mudah untuk dipindahkan. Salah satu ujung tali diikat pada tempat tertentu. Contohnya, alat-alat pengangkat peti kemas di pelabuhan.

Penerapan Sistem roda dan katrol pada kehidupan sehari

Contoh penerapan sistem kerja roda dan katrol adalah pada mesin jahit dan kincir angin. Berikut penjelasannya.

Pengertian Mesin Jahit dan Fungsinya

Mesin jahit adalah peralatan mekanis atau elektromekanis yang berfungsi untuk menjahit sebuah produk sandang, misalnya pakaian.  Sejarah jahit-menjahit dengan menggunakan jarum sudah dimulai pada awal-awal peradaban manusia. Bahan jarumnya bermacam-macam, ada yang terbuat dari batu, tembaga, tulang, ataupun gading. Jarum yang masih kasar itu digunakan untuk menyatukan kulit hewan menjadi pakaian. Sementara benang yang digunakan dibuat dari otot hewan. Jarum logam digunakan sekitar abad ke-14, yang merupakan jarum dengan menggunakan lubang yang umum dijumpai pada saat ini. 
Fungsi mesin jahit, antara lain :
1. Sesuai dengan namanya mesin jahit, mesin jahit ini berfungsi untuk menggabungkan bagian yang satu dengan bagian yang lainnya, maksud dari “bagian” disini adalah elemen elemen yang akan di gabungkan menjadi sebuah produk jadi tekstil, seperti bagian lengan, kerah, badan, yang di buat berdasarkan pola. Banyaknya elemen bagian pada pakaian tergantung pada pola produk jadi tekstil yang kita buat. 
2. Penggunaan mesin jahit ini bemaksud untuk mempercepat proses pengerjaan sehingga waktu yang di perlukan untuk membuat produk jadi tekstil lebih cepat dan rapih, dan berpengaruh terhadap biaya produksi. Terutama untuk perusahaan garment yang lebih menekan biaya produksi dengan hasil yang baik. 

Pengertian Kincir Angin dan Fungsinya

Kincir angin adalah sebuah alat yang mampu memanfaatkan kekuatan angin untuk diubah menjadi kekuatan mekanik. Dari proses itu memberikan kemudahan berbagai kegiatan manusia yang memerlukan tenaga yang besar seperti memompa air untuk mengairi sawah atau menggiling biji-bijian. Kincir angin modern adalah mesin yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik, disebut juga dengan turbin angin. Turbin angin kebanyakan ditemukan di Eropa dan Amerika Utara.
Fungsinya antara lain :
1. Fungsi pertama kali kincir angin adalah untuk menumbuk biji-bijian tanaman padi. Seiring berjalannya waktu, kincir angin mengalami pergeseran fungsi. Saat ini, kincir angin dimanfaatkan untuk menghasilkan tenaga listrik.
2. Memompa air keluar dari dataran rendah dan kembali ke sungai melalui tanggul (drainase), sehingga tanah bisa digunakan untuk bertani.
3. Untuk memotong kayu, contohnya di Amsterdam, di daerah Molen de Otter yang masih beroperasi sampai hari ini. 

Bagi yang memerlukan file dokumen lengkap MS. Wordnya silahkan download di sini PENGERTIAN RODA DAN KATROL SERTA PENJELASANNYA.

Demikian informasinya semoga bermanfaat untuk kita semua. :)



Video Pilihan


 

 

Semoga bermanfaat, jangan lupa support kami dengan cara Follow atau Ikuti blog ini.
Terima kasih :)

No comments:

Post a Comment